Ketua KPU Sulbar Rustang (tengah). (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi yang digelar di Hotel Srikandi Mamuju, Sabtu, 11 Mei 2019.

Hasil rekap tersebut untuk kategori Pilpres menyebutkan, pasangan Capres 01, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin unggul di Privinsi Sulawesi Barat dengan perolehan suara 475,312.

Sementara pasangan Capres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh suara di Sulawesi Barat (Sulbar) sebanyak 263,620 suara.

Diketahui, selain unggul di tingkat Provinsi Sulbar, Capres Jokowi-Ma’ruf Amin juga unggul di semua kabupaten di Provinsi Sulbar, yakni Kabupaten Mamasa, Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah, dan Kabupaten Pasangkayu.

Diwawancarai usai melakukan rekap, Ketua KPU Sulbar Rustang mengatakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu lalu mencapai 80 persen lebih, dan itu melebihi target yang ditentukan oleh KPU Sulbar yaitu 77 persen.

“Terima kasih kepada seluruh warga Sulaweai Barat yang telah melaksanakan pemilu dengan semangat demokrasi yang tinggi, ditandai tidak adanya kejadian yang luar biasa selama pesta demokrasi berlangsung,” ungkap Rustang.

Untuk petugas penyelenggara yang meninggal dunia serta yang sakit, Rustang menyebut, kami seluruh jajaran KPU mengucapkan turut berbelasungkawa atas perjuangannya dan yang sakit semoga cepat diberikan kesembuhan.

Rustang mengatakan untuk hasil final rekapitulasi tingkat provinsi akan dilaporkan segera ke KPU RI, pihak KPU Sulbar yang akan menyerahkan secara langsung ke KPU RI.

“Direncanakan pada hari Minggu, 12 Mei 2019, kita akan berangkat ke Jakarta membawa hasil rekapitulasi, kapan kita punya jadwal untuk membacakan hasil untuk ditetapkan di tingkat nsional,” tutup Rustang.

ARISMAN

TINGGALKAN KOMENTAR