Kepala Kantor BKKBN Perwakilan Sulawesi Barat Andi Rita Mariani (kanan) beri presentase dalam jumpa pers di aula lantai II Kantor BKKBN Perwakilan Sulawesi Barat, Mamuju, Selasa, 31 Juli 2018. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Realisasi pencanangan program keluarga berencana (KB) baru mulai bulan Januari sampai Juni 2018 terendah terdapat di Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Presentase ini disampaikan oleh Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sulawesi Barat Andi Rita Mariani dalam sebuah jumpa pers di aula lantai II Kantor BKKBN Perwakilan Sulawesi Barat, Jalan Pattana Endeng Mamuju, Selasa, 31 Juli 2018.

“Untuk peserta KB Baru, bila dilihat dari data yang ada mulai Januari sampai Juli 2018, makat peserta KB Baru terendah berada di Kabupaten Polewali Mandar,” ungkap Andi Rita Mariani.

Andi Rita Mariani menarget peserta KB Baru di Sulawesi Barat yang dibagi 12 bulan yang akan dijabarkan ke setiap kabupaten, yaitu 34.320, dan capaiannya hingga saat ini baru sekitar 30,90 persen.

Ia juga bilang, jika kepedulian OPD yang menangani KB harus digenjot terus. Kita hanya memfasilitasi saja karena kita hanya berada pada garis komando, dan kami tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan teguran maupun sanksi.

“Kami akan terus berupaya untuk terlibat langsung dalam membantu menyukseskan program KB di masing-masing kabupaten,” aku Andi Rita Mariani.

Mengenai capaian yang diraih Polman itu yang terendah, sebut Rita, akan dikoordinasikan dengan bupatinya agar ada intervensi ke OPD yang menangani program KB Baru itu.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR