(Ki-Ka): Ketua Umum PB Flamboyan Muh. Hamzih, Ketua Panitia Turnamen Bulutangkis Flamboyan Open 2016 Muh. Rabith, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, Komandan Korem (Danrem) 142/Tatag Mamuju, dan Ketua PBSI Sulbar Arman Salimin sedang foto bersama seusai Pembukaan Turnamen, Mamuju, Jumat malam, 25 November 2016. (Foto: Risman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Salah satu cabang olah raga di Indonesia yang terbilang bergengsi adalah cabang bulutangkis atau badmington. Sejak dulu hingga kini, cabang yang satu ini menjadikan Indonesia disegani di sejumlah kejuaraan di level dunia.

Atlit bulutangkis di Indonesia tumbuh dan berkembang di pelbagai daerah di Indonesia. Sulawesi Barat (Sulbar) salah satunya. Memang, hingga kini belum banyak atlit bulu tangkis Sulbar yang merajai olah raga tepak bulu itu. Namun ke depan, dengan pembinaan yang intens, maka Sulbar akan bisa tampil di cabang ini.

Salah satu upaya pembinaan bulutangkis di Sulbar adalah dengan digelarnya Turnamen Bulutangkis Flamboyan Open 2016. Pertandingan ini dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Riches, Mamuju, malam tadi, 25 November 2016, pembukaan turnamen ini dihelat secara resmi.

Banyak tokoh yang hadir, di antaranya, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto, Danrem 142/ Tatag Mamuju, Ketua Tim PKK Sulbar Hj Enny Anggraeni Anwar, Dandim Mamuju Letkol ARH Muh. Imran, Ketua PBSI Sulbar Arman Salimin, serta sejumlah tamu kehormatan lainnya.

Yang teristimewa sebab pembukaan turnamen ini dihadir legenda bulutangkis Indonesia dan dunia Icuk Sugiarto. Kini Icuk menjadi pengurus teras PBSI pusat.

Penyelenggaraan turnamen ini diinisiasi oleh PB Flamboyan, tentu kerjasama dengan PBSI Sulbar. “Turnamen ini akan memperebutkan Piala Gubernur Sulbar,” kata Muhammad Hamzih, Ketua Umum PB Flamboyan Sulbar, malam tadi seusai acara pembukaan.

Dalam kesempatan ini, Ketua Panitia Pelaksana Muh. Rabith mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai malam ini (25 November, red) hingga 30 November 2016.

“Dalam olah raga ini akan mempertandingkan 3 regu. Ada sekitar 340 atlit yang akan ikut memeriakan kegiatan ini,” kata Muh. Rabith ketika beri sambutan.

“Dari 340 atlit ini, umumnya berasal dari daerah yang berbeda. Bahkan saya dengar ada juga atlit dari Kalimantan dan Sulsel yang ikut berpartisipasi dalam turnamen ini,” jelas Muh. Rabith.

Ketua Umum PB. Flamboyan Muh. Hamzih mengatakan, kami berterima kasih kepada semua elemen yang sudah berpartisipasi dalam acara ini. Tujuan kegiatan ini yakni mendidik dan memberikan semangat kepada para atlit kita. Pula kita ingin perlihatkan kita mampu bersaing dengan atlik-atlit nasional dan internasional,” kata mantan aktifis dan pejuang pembentukan Sulbar ini.

Ketua PBSI Sulbar Arman Salimin juga menyampaikan, banyak anak-anak kita yang belajar di daerah lain, seperti di Jawa. Sebab ketidaksediaan prasarana olaraga kita.

“Malam ini (Jumat malam, red) saya akan menyerahkan proposal kepada Gubernur Sulbar agar di tahun 2017 Pemprov Sulbar menyediakan anggaran pembuatan lapangan olaraga bulutangkis. Dengan begitu atlit-atlit kita dapat berkembang lebih baik lagi,” urai Arman Salimin.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh berjanji akan menyediakan anggaran untuk prasanara olaraga bulutangskis di Sulbar.

Kepada Arman Salimin, yang juga Anggota DPRD Sulbar, Gubernur Anwar berkata, “Kepada pak Arman Salimin, silahkan apa yang saya rekomendasikan nanti langsung disetujui saja (maksudnya di DPRD Sulbar, red),” kata Anwar Adnan Saleh.

Sebelum Anwar membuka secara resmi Turnamen Bulatangkis Flamboyan Open 2016, di ujung sambutannya, Anwar menyapa khusus kepada legenda bulutangkis Indonesia itu.

“Saya ucapkan selamat datang sang maestro bulutangkis, Icuk Sugiarto. Semoga dengan Turnamen Bulutangkis Flamboyan Open ini mampu meningkatkan prestasi dan melahirkan atlet bulutangkis berprestasi,” tutup Gubernur Anwar.

RISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR