Gedung Kesenian Sulawesi Barat, Jalan Martadinata, Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat. Kini gedung ini sudah bisa difungsikan. (Foto: Arisman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Tahun ini gedung kesenian Sulawesi Barat yang ada di jalan Martadinata, Rangas, Mamuju sudah dapat difungsikan.

Gedung kesenian Sulawesi Barat dibangun melalui APBD Sulawesi Barat tahun 2017 sebanyak Rp 3,7 miliar.

Kepastian bahwa gedung ini telah bisa difugsikan disampaikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Diknasbud Sulawesi Barat Hj. Warliah Arsyad saat diwawancarai di ruang kerjasanya, Rabu, 10 Januari 2018.

“Saat ini Gedung Kesenian Sulawesi Barat sudah dapat difungsikan jika ada yang ingin menggunakannya,” kata Warliah Arsyad.

Mengenai fasilitas pendukung gedung itu, Warliah mengatakan, karena tahun kemarin kita peruntukkan untuk kontruksi bangunan gedung, taman, dan parkir.

“Jadi tahun ini kita akan minta anggaran sekitar Rp 400 juta untuk penyediaan mobiler dan soudsystemnya agar tahun ini atau tahun 2019 mendatang sudah benar-benar dapat difungsikan secara total,” jelas Warliah. “Insya Allah pimpinan acc (restui) permintaan kami,” aku Warliah.

Ia menambahkan, anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Barat sangat anjlok tahun ini. Maka penyediaan mobiler dan soundsystem gedung kesenian itu akan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada.

Bagaimana dengan kondisi jalan menuju gedung itu?

“Untuk jalan kita tidak anggarkan karena itu bukan kewenangan kita. Itu kewenangan Dinas PUPR Sulawesi Barat,” jawab Warliah.

Terpisah, ketika dikonfirmasi mengenai jalan yang dimaksud, Kepala Dinas PUPR Sulawesi Barat Nasaruddin mengatakan, untuk jalan menuju gedung kesenian Sulawesi Barat tahun ini belum kita angaran.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR