Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (kiri) saat pelepasan tim Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 ke Pulau Bala-balakang, Mamuju, Sulbar di ruang rapat lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Rabu, 20 September 2017. (Foto: Wawan)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar melepas 23 putra-putri daerah Sulawesi Barat (Sulbar) dalam rangka mengikuti kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 ke Pulau Bala-balakang, Mamuju, Sulbar, di Kantor Gubernur Sulbar, Rabu, 20 September 2017.

Kegiatan ini bertema “Dari Sulbar untuk Indonesia”. Dalam pelepasan ini Ali Baal Masdar memberi apresiasi kepada putra-putri daerah yang mengikuti ekspedisi tersebut.

“Ini sebagai bentuk kecintaan terhadap bahari dan membawa daerah Sulbar ke kancah nasional. Nenek moyang kita adalah pelaut, dan kita harus bangga sebagai keturunan pelaut. Saya berpesan kepada semua untuk selalu semangat dan berhati-hati karena ini adalah tugas negara,” kata Ali Baal Masdar.

Ali Baal juga sampaikan beberapa poin penting yang dapat mengembangkan daerah kepulauan, yakni kehidupan ekonomi dan sosial kemasyarakatan seperti sarana prasarana, kapal penangkap ikan dan transportasi, fasilitas sekolah, air tawar dan sistem kelistrikan.

Kedua, terkait keterampilan dan sumber daya manusia. Ketiga, permodalan, koperasi dan pembangunan cabang perbankan, selanjutnya peralatan untuk mata pencaharian.

Kelima, hadirnya pihak swasta untuk ikut membantu dalam pelelangan atau pendistribusian ikan.

Keenam, pembinaan dan pelestarian budaya. Dan, terakhir adalah keamanan lingkungan.

“Data tersebut yang harus adik-adik kumpulkan sebagai masukkan kepada kami sebagai pemerintah. Selanjutnya catat berapa pulau-pulau di sekitar, yang berpenghuni dan fasilitasnya, karena inilah fungsi dari ekspedisi,” pesan Ali Baal.

Ke depan, kata Ali Baal Masdar, pembangunan Sulbar bukan hanya di darat, tapi juga di kepulauan.

“Kita akan membuat pulau yang dapat dikunjungi orang, menjadikan pulau konservasi dan pariwisata. Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menjanjikan fasilitas kelautan dan perikanan kepada kita,” aku Gubernur Sulbar ini.

Ditemui setelah kegiatan, kordinator ekspedisi wilayah Sulbar Abd. Salam menyampaikan, 23 putra-putri daerah tersebut berasal dari semua umur, organisasi dan kampus, diharapkan agar ekpedisi tersebut bermanfaat untuk pemuda dan masyarakat pulau.

“Tujuan kami tetap sama, salah satunya yaitu membina adik-adik di kepulauan agar mereka tertarik untuk melanjutkan pendidikan dan membuat perubahan di daerah mereka,” ungkapnya.

Ekspedisi Nusantara Jaya merupakan program dari Kemenko Kemaritiman yang memprogramkan berbagai permasalahan sosial di bidang kesehatan, ekonomi, lingkungan dan pendidikan.

ENJ ini Akan dilaksanakan tanggal 21 hingga 30 September 2017. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Pariwisata Sulbar Yakub F. Solon dan undangan lainnya.

FADILAH/HUMAS PEMPROV SULBAR

TINGGALKAN KOMENTAR