Sebuah spanduk dengan gambar Jokowi terlihat pada sebuah titik jalan di Kota Makassar, Sulsel, Sabtu, 22 Desember 2018. (Foto: Istimewa)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Beberapa malam lalu, salah sebuah tivi swasta Indonesia, dengan program acaranya Satu Meja The Forum, yang kala itu menjadikan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai bintang tamu.

Obrolan satu jam itu dipandu oleh host The Forum, Budiman Tanuredjo—wartawan senior, Pemimpin Redaksi Harian KOMPAS.

Kebetulan saya menonton program acara itu di tivi tersebut pada Rabu malam, 19 Desember 2018.

Pada penghujung obrolan eksklusif itu, lelaki 76 tahun tersebut bilang bahwa akhir pekan nanti, Sabtu-Minggu, 22-23 Desember, dirinya akan menemani Jokowi berkunjung ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal ini diungkapkan JK—sapaan bekas pengusaha nasional ini—ketika pemandu acara Satu Meja The Forum itu mengarahkan pertanyaan terkait Pilpres 2019.

Meski tema besar acara di malam itu adalah JK Setelah Istana. Namun dalam kapasitasnya selaku Ketua Dewan Pengarah TKN Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin, pasangan nomor urut 01 di Pilres 2019, JK menjawab pertanyaan terkait Pemilu 2019 tersebut.

Sebuah spanduk dengan gambar Jokowi terlihat pada sebuah titik jalan di Kota Makassar, Sulsel, Sabtu, 22 Desember 2018. (Foto: Istimewa)

Jika pada Sabtu hari ini, Jokowi – JK berkunjung ke Makassar, Sulsel. Beberapa hari sebelumnya Makassar sudah ‘ramai’ terkait gelaran ‘kampanye’ Pilpres.

Pada Rabu, 19 Desember, Rocky Gerung (RG) mengunjungi Makassar. Akademisi yang berposisi di kubu Prabowo – Sandiaga, paslon nomor 02 di Pilpres 2019 itu, menjadi narasumber pada Kuliah Umum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Sulsel.

Esoknya, Kamis, 20 Desember, Ketua Umum TKN Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin, Erick Thohir juga berjunjung ke Makassar, Sulsel. Diberitakan sejumlah media online, pengusaha Erick Thohir sempat mengunjungi sejumah pasar di Kota Makassar.

Sabtu hari ini, 22 Desember, Jusuf Kalla dan Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Provinsi Sulawesi Selatan.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR