(Ki-Ka): Wakil Gubernur Sulbar Aladin S. Mengga, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, Wakil Bupati Mamasa yang baru Bonggalangi bersama isteri, Ketua Tim Penggerak PKK Sulbar Hj. Enny Anggraeni Anwar, dan Hj. Fauziah Maricar Aladin. Foto bersama seusai pelantikan Wakil Bupati Mamasa yang baru di Auditorium Kantor Gubernur Sulbar, Senin pagi, 5 Desember 2016. (Foto: Risman Saputra)

Ketua DPRD Mamasa dan Sekda Mamasa hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumbah Jabatan Waki Bupati Mamasa Sisa Masa Jabatan 2013-2018. Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh melantik Bonggalangi di Kantor Gubernur Sulbar.

TRANSTIPO.com, Mamuju – Tak kurang 300 warga dari Mamasa yang mengantar Bonggalangi ke Mamuju, ibukota Provinsi Sulbar. Sejak pagi tadi atau tepat pukul 09.00, Senin, 5 Desember 2016, warga dari kabupaten di pegunungan Sulbar itu memenuhi Auditorium Kantor Gubernur Sulbar.

Di antara 300-an warga Mamasa itu, terdapat lebih selusin pejabat teras Pemkab Mamasa. Kedatangan mereka di Mamuju ini tujuannya adalah mengantar dan ingin menyaksikan langsung prosesi pelantikan Bonggalangi sebagai Wakil Bupati Mamasa yang baru.

Memang, sejak kepergian Victor Paotonan—Wakil Bupati Mamasa—ke tempat peristirahatannya yang terakhir, praktis posisi Wakil Mupati Mamasa kosong. Nah, oleh DPRD Mamasa kemudian memilih Bonggalangi—politisi Partai Golkar yang duduk di DPRD Mamasa hasil Pileg 2014—sebagai figur untuk meneruskan posisi salah satu tokoh penting pejuang pembentukan Kabupaten Mamasa itu.

Jadi sejak Senin ini, Bonggalangi telah resmi menjadi Wakil Bupati Mamasa hingga Oktober 2018 nanti. Sayang, Bupati Mamasa Ramlan Badawi tak sempat hadir pada pelantikan Bonggalangi tadi.

Menurut informasi yang diperoleh transtipo.com di arena pelantikan siang tadi, “Pak Bupati Mamasa lagi menghadiri acara penting di Bogor, Jawa Barat, hari ini,” kata sumber itu.

Ketua DPRD Mamasa Muhammadiah Manysur dan Sekda Mamasa Benyamin YD hadir dalam pelantikan ini. Sejumlah Anggota DPRD Mamasa dan 8 pejabat Eselon II Pemkab Mamasa juga hadir, termasuk Kabag Humas Pemkab Mamasa.

Di tingkat Pemprov Sulbar, hadir Wakil Gubernur Sulbar Aladin S. Mengga, Sekda Sulbar Ismail Zainuddin, Kepala BPK RI Perwakilan Sulbar, Ketua Tim Penggerak PKK Sulbar Hj. Enny Anggraeni Anwar dan Hj. Fauziah Maricar Aladin, Wakapolda Sulbar, Danrem 142 Tatag Mamuju, Maradika Mamuju H. Maksun Dai, yang mewakili Ketua DPRD Sulbar H. Muhammad Yamin, Wakil Bupati se-Sulbar, sejumlah Kepala SKPD Pemprov Sulbar, serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh mengatakan, pada hari ini patutlah kita bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena pada hari ini akhirnya Bonggalangi bisa saya lantik sebagai Wakil Bupati Mamasa.

“Perlu saya sampaikan di hadapan kita semua bahwa pelantikan Bonggalangi ini tergolong istimewa. Istimewa karena melalui proses yang luar biasa, dan ini jarang terjadi. Pak Bongga ini dua kali terpilih menjadi Wakil Bupati Mamasa, tapi nanti kedua kalinya baru bisa dilantik,” kata Anwar yang disambut tawa seisi ruangan.

Lanjut Anwar, walaupun begitu susah dan rintangan yang begitu banyak, saya harus turun secara langsung menemui Mendagri untuk diterbitkan SK dengan menunjuk Bonggalangi sebagai Wakil Bupati Mamasa, menggantikan Victor Patonan (alm.).

“Dua minggu Kepala Biro Tapem Sulbar tidak ada di tempat. Mamang saya perintahkan untuk tinggal di Jakarta dan tidak boleh kembali kalau SK tidak dibawa ke Mamuju,” urai Anwar dalam sambutannya.

RISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR