Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar (kanan) saat menghadiri penutupan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-45 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV tingkat Provinsi Sulawesi Barat yang berlangsung di Auditorium Lantai IV Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Rabu, 6 September 2017. (Foto: Humas)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-45 dirangkaikan dengan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14, diperingati di Auditorium Lantai IV Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Rabu, 6 September 2017.

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyampaikan, sebagai mitra pemerintah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) diharapkan berpartisipasi penuh berkolaborasi mewujudkan visi misi kabupaten supaya Sulawesi Barat bisa lebih maju dan malaqbiq.

“Peringatan Hari PKK adalah mengingatkan semua mengenai peran keluarga, khususnya peran ibu-ibu dan perempuan dalam membangun keluarga yang sehat serta masyarakat dan bangsa yang maju dan sejahtera,” kata Ali Baal Masdar.

Perhatian dan pemberian motivasi yang besar oleh para penggerak PKK, akan mendorong para penggiat PKK di lapangan untuk lebih bersemangat lagi, sehingga ke depan akan meraih prestasi yang lebih besar dan membawa nama baik Provinsi Sulawesi Barat.

“Saya ingin melihat gerakan PKK ke depan lebih berperan lagi, sehingga menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan program-program pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat lainnya,” harap Ali Baal Masdar.

Di saat itu pula, lelaki ABM—sapaan gubernur—memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh kaum perempuan serta penggiat PKK yang ada di pelosok Sulawesi Barat.

Mereka itu dianggap telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat, terkhusus kepada seluruh TP PKK se-Sulawesi Barat atas prestasi yang telah diraih selama ini.

Masih kata ABM, melalui kegiatan BBGRM dengan pelestarian dan menjaga semangat gotong royong. Ketika zaman ini yang kian tampak konsumerisme, individualistik, dan penuh kompetitif, toh masih ada sekelompok warga—semoga itu PKK—masih mampu membangun semangat gotong royong.

“Upaya melestarikan dan menjaga semangat gotong royong itu, yang kemudian ditanamkan kepada anak-anak kita, itu yang terpenting,” sebuat ABM.

Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Barat Ny. Hj. Andi Ruskati Ali Baal mengatakan, memperingati Hari Kesatuan PKK jangan hanya jadi kegiatan seremoni saja, melainkan bagaimana mengevaluasi kegiatan selama satu tahun itu.

“Setiap memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, mari kita introspeksi diri dan mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan setahun ini, untuk selanjutnya kita jadikan tonggak agar melangkah lebih baik lagi pada tahun berikutnya,” kata Andi Ruskati.

Penjabaran 10 Program Pokok PKK seharusnya mengacu pada RPJM pusat dan RPJMD daerah. Mengingat TP PKK adalah mitra kerja pemerintah. Terkait hal itu, Andi Ruskati mengharapkan, TP PKK dapat berperan sebagai narasumber dan memberi masukan mengenai perannya dalam forum musrenbang di setiap jenjang.

Sedangkan mengenai tugas-tugas atau kegiatan PKK, ia menegaskan sudah saatnya PKK harus mempu menciptakan bidang kegiatannya sendiri melalui 10 program PKK.

Sebagai Ketua TP PKK, Andi Ruskati Ali Baal juga menyampaikan apresiasinya dan penghargaan kepada seluruh jajaran TP PKK dan para kader yang telah bersusah payah bekerja melalui upaya-upaya yang diarahkan dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Pencanangan BBGRM di Provinsi Sulawesi Barat resmi dilakukan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sulawesi Barat.

Peringatan kali ini digelar berbagai kegiatan yang diikuti TP PKK kabupaten se-Sulawesi Barat. Juara umum adalah TP PKK Kabupaten Polewali Mandar. Kepada TP PKK yang belum mendapatkan juara umum, Andi Ruskati menghimbau agar melakukan introspeksi terhadap kekurangan sesuai persyaratan dan berusaha lebih baik.

Pada kegiatan ini hadir: Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, Ketua TP PKK Sulawesi Barat Andi Ruskati Ali Baal, Ketua DPRD Sulawesi Barat Andi Mappangara, Wakil Bupati Majene Lukman, Wakapolda Sulawesi Barat Kombes Pol. Tajuddin, Kasrem 142/Tatag Priyono, pimpinan OPD lingkup Sulawesi Barat, Pengurus TP PKK Provinsi Sulawesi Barat, Ketua TP PKK Kabupaten se-Sulawesi Barat dan Anggota, Ketua IKA DPRD Sulawesi Barat, Ketua Bhayangkari Polda Sulawesi Barat, Ketua Persit Korem 142 Tatag, serat undangan lainnya.

MUHYIDDIN/HUMAS PEMPROV SULBAR

TINGGALKAN KOMENTAR