Presiden Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Jumat, 17 Agustus 2018. (Foto: Biro Pers Setpres)

TRANSTIPO.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo memimpin jalannya Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, pada Jumat, 17 Agustus 2018. Apel yang digelar tepat pukul 00.00 WIB ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara menyampaikan penghormatan tertinggi bagi 9.951 pahlawan yang telah mengabdi dan berjuang demi kebahagiaan negara Indonesia.

Dilansir dari rilis Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal dari seluruh pelosok Indonesia. Beliau mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ujar Presiden.

Apel kehormatan tahun ini juga dihadiri oleh di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Idrus Marham, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang membacakan doa di akhir prosesi.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR