Di antara rombongan—kelompok terbang ketiga—PWI Sulawesi Barat yang baru saja tiba di Bandar Udara Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Rabu malam, 7 Februari 2018. (Foto: Benny Padang)

Sebanyak 18 wartawan di Sulawesi Barat hadir di Padang, Sumatera Barat, mengikuti HPN 2018.

Judul di atas adalah tema HPN kali ini.

TRANSTIPO.com, Padang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Barat hadir menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) ke-32 tahun 2018 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Tak kurang 18 wartawan dari PWI Sulawesi Barat hadir di HPN 2018 yang dipimpin oleh Naskah M. Nabhan—Ketua PWI Sulawesi Barat.

Rombongan dari PWI Sulawesi Barat tiba di Bandar Udara Minangkabau, Padang, dalam tiga kelompok terbang atau gelombang.

Gelombang pertama sebanyak 2 orang, yakni H. Halim Achmad (Ketua SIWO) dan Irwansyah yang berangkat pada Minggu, 4 Februari 2018.

Kedua wartawan ini mengikuti sejumlah kegiatan SIWO PWI Pusat di Kota Padang.

Rombongan kedua 8 orang—termasuk Naskah M. Nabhan dan seorang wartawan senior dari Majene, Fajaruddin S.—yang tiba di Kota Padang pada Selasa, 6 Februari.

Sedangkan rombongan ketiga berangkat di Mamuju, Sulawesi Barat, pada Rabu, 7 Februari—termasuk dalam rombongan ini adalah Sekretaris PWI Sulawesi Barat Sarman Sahuding.

Perencanaan keberangkatan mengikuti HPN ini sudah lama dibicarakan. Menurut Naskah M. Nabhan, sebenarnya yang diundang selaku peserta hanya lima unsur: Ketua PWI, Ketua DPK, Ketua IKWI, Ketua SIWO, dan Sekretaris PWI.

“Tapi sengaja kita libatkan teman-teman wartawan lainnya selaku peninjau sebab ini adalah hari besar Pers Indonesia. Kita perlu berpartisipasi. Teramat banyak informasi dan perkembangan dunia media massa Pers yang bisa dipetik di HPN ini,” kata Naskah M. Nabhan kepada laman ini di Mamuju, beberapa waktu lalu.

Naskah juga bilang, “Sebetulnya, jumlah 18 orang ini, yang berangkat ke Padang mengikuti HPN, itu diluar perkiraan saya. Ini jumlah yang luar biasa jika dibanding dengan asumsi besarnya anggaran yang harus disiapkan. Dan, ini adalah murni upaya pribadi teman-tema wartawan sehingga bisa berangkat ke HPN.”

Kota Padang Bersahaja

Logo HPN 2018 dengan latar Rumah Gadang Minangkabau, Sumatera Barat. (Foto: Net.)

Ratusan spanduk, baliho, dan reklame terpasang di tempat-tempat sebagai area publik di Kota Padang adalah sebentuk sambutan meriah selaku tuan rumah pelaksanaan HPN ke-32 ini.

Kegiatan HPN ini menjadi satu momentum yang besar bagi “promosi gratis” pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Seluruh keunggulan—khususnya potensi pariwisata—daerah bersejarah dan berbudaya ini ditampilkan habis-habisan, baik dalam bentuk referensi tertulis maupun pameran-pameran di luar ruang.

Kota Padang benar-benar meriah. Masyarakat kotanya tentu beroleh keuntungan tak sedikit akibat banyaknya wartawan dari seluruh Indoesia yang tumpah ruah di kota sejarah Minangkabau ini.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat nyata benar menyambut HPN 2018 ini dengan segala kemampuan yang.

Tak salah panitia pusat HPN 2018 dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memilih tema “Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan”—tema yang sangat pas dengan identitas Minangkabau, ditinjau dari sejarah dan kondisi ril daerahnya saat ini.

Banyak pantun terurai di kota ini selama dimulainya acara HPN. Dan, pantun-pantun ini menjelaskan bahwa kota tua ini adalah negeri seribu hikayat.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR