Langganan Digital Tulang Punggung Media Online

349

PADA tahun-tahun terakhir, media online telah mengalami perubahan drastis dalam mencari cara untuk bertahan hidup dan membiayai diri. Telegraph Media Group (TMG), salah satu contoh sukses dalam perjalanan ini.

Berdasarkan laporan terbaru, TMG telah berhasil mencapai targetnya untuk mencapai satu juta langganan sebelum akhir tahun 2023. Ini menunjukkan bahwa media online tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang dengan cara yang unik.

TMG, yang menerbitkan The Daily Telegraph dan Sunday Telegraph, menjadi perusahaan surat kabar nasional Inggris ketiga yang mencapai tonggak satu juta langganan online, setelah The Guardian dan Financial Times yang mencapai jumlah langganan tersebut pada Desember 2021 dan Maret 2022.

Lebih dari 70% dari satu juta langganan tersebut bersifat digital, menandakan bahwa konsumen semakin mengadopsi model berlangganan digital.

Salah satu strategi sukses TMG, fokus pada keterlibatan pelanggan. Mereka mencatat bahwa sekitar 300.000 pelanggan menggunakan aplikasi mereka setiap hari, menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi.

Selain itu, akuisisi Chelsea Magazine Company pada Maret dan penawaran produk seperti Telegraph Wine Cellar atau Telegraph Puzzles pada Juni turut membantu mereka mencapai target tersebut.

Dalam persaingan dengan media online lainnya, TMG juga menggunakan harga berlangganan yang sangat diskon sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Tanpa diskon, berlangganan digital Telegraph berharga £189 per tahun.

Ini menunjukkan bahwa penawaran harga yang menarik dapat memikat lebih banyak pelanggan ke dalam model berlangganan digital.

Perubahan ini mencerminkan keadaan industri media saat ini, di mana berkurangnya sirkulasi cetak dan ketidakstabilan pasar iklan online telah mendorong banyak organisasi berita untuk mencari sumber pendapatan yang lebih konsisten.

Contohnya, laporan tahunan News Corp yang menunjukkan bahwa The Wall Street Journal telah mencapai 3,4 juta pelanggan digital, Barron’s mencapai satu juta pelanggan, dan The Times dan Sunday Times naik 11% year-on-year menjadi 565.000 pelanggan.

Di sisi lain, The Guardian yang berbasis pada model “free-to-read” berhasil mencapai satu juta pelanggan dengan kombinasi 419.541 pelanggan digital dan 580.494 kontribusi berulang.

Sementara itu, strategi berlangganan digital yang difokuskan pada “bundle” dari The New York Times telah membuat mereka mencapai lebih dari sepuluh juta pelanggan digital, jumlah terbanyak di antara penerbit di seluruh dunia.

Meskipun pencapaian TMG telah mengesankan, mereka belum mengungkapkan berapa banyak pelanggan individual yang mereka miliki. Selain itu, perusahaan ini berada dalam proses lelang setelah Lloyds Banking Group mengambil alih TMG dan The Spectator dari pemilik sebelumnya, keluarga Barclay, yang kesulitan membayar utang sebesar £1 miliar kepada bank.

Demikianlah, kisah sukses TMG menunjukkan bahwa media online tidak hanya bertahan tetapi juga dapat berkembang dengan baik melalui strategi berlangganan digital yang cerdas dan penawaran yang menarik bagi para pelanggan.

Dalam era di mana informasi adalah aset berharga, langganan digital telah menjadi tulang punggung bagi banyak organisasi berita.

Catatan Ahmadie Thaha (7 September 2023)

ZAMAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini