Kapolda Sulbar yang baru Brigjen Pol Nandang (tengah) sedang beri penjelasan kepada sejumlah media di Mamuju dalam acara jumpa pers di Hotel d'Maleo & Convention Mamuju, Rabu malam, 21 Desember 2016. (Foto: Risman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Pemimpin Polda Sulbar telah berganti. Kemarin, Rabu, 21 Desember 2016, bertempat di Mapolda Sulbar, Mamuju, Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto resmi mengakhiri masa dinasnya sebagai Kapolda Sulbar.

Kini, Kapolda Sulbar yang baru telah hadir. Namanya, Brigjen Pol. Nandang. Serah terima jabatan (Sertijab) Kapolda Sulbar dari Lukman Wahyu ke Nandang berlangsung hikmad.

Kapolda Sulbar yang baru Brigjen Pol. Nandang telah dihadapkan pada agenda yang sangat vital, yakni Pilgub Sulbar 15 Februari 2017. Pesta demokrasi lima tahunan di Sulbar ini merupakan pengejawantahan dari Pilkada serentak tahap kedua.

“Pilgub Sulbar 2017 ini akan berjalan aman dan lancar,” begitu kalimat yang kerap diungkapkan Kapolda Sulbar Lukman Wahyu Harianto dalam beberapa kali pertemuan dengan awak media di Mamuju, di waktu lalu.

Selain Pilgub Sulbar sebagai agenda prioritas, pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat Sulbar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga sasaran yang penting dan prioritas.

“Saya bersama TNI akan berupaya mewujudkan keamanan untuk terlaksananya pembangunan oleh pemerintah daerah,” kata Kapolda Sulbar yang baru Brigjen Pol Nandang.

Terkait penegakan hukum, yang menjadi tugas pokok Polri, Nandang mengatakan dirinya tak pandang bulu dalam menegakkan hukum.

“Komitmen penegakan hukum itu merupakan salah satu tugas pokok Polri. Setiap pelanggaran hukum kita akan tegakkan sesuai dengan ketentuan. Kita tidak melihat apakah itu masyarakat atau polisi. Kalau polisinya melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum itu dihukumnya sampai tiga kali. Pertama sidang disiplin, dipecat sudah dipecat harus dipenjara lagi. Jadi hukumannya memang lebih berat,” jelas Brigjen Nandang kepada sejumlah media.

Nandang bertekad, kinerja Polda Sulbar ke depan akan lebih baik. Tahun 2017 Polda Sulbar sudah memiliki DIPA sendiri.

“Kinerja Polda Sulbar ke depan akan lebih baik. Kemarin kita ditetapkan menjadi Polda di pertengahan tahun. Dengan kata lain, Polda tidak punya anggaran untuk operasi rutin. Tahun 2017 kita sudah punya DIPA sendiri. Mudah-mudahan dengan DIPA sendiri itu, aktivitas Polda Sulbar dalam hal perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat meningkat drastis,” janji Nandang.

Dalam acara jumpa pers ini dilaksanakan pada Rabu malam, 21 Desember 2016. Yang hadir antara lain, Kapolda Sulbar yang baru Brigjen Pol. Nandang, mantan Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Lukman Wahyu Harianto, Waka Polda Sulbar Kombes Tajuddin, dan Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Mashura.

Lukm­an Wahyu Harianto aka­n menempati posisi baru sebagai Kasespimmen Ses­pim Polri Lemdikpol. Kepada wartawan ia bilang, “Tadi (malam tadi, red) sudah diserahterimakan tugas dan tanggung jawab Kapolda Sulbar. Mulai hari ini (Rabu, red) dan selanjutnya beliau (Nandang, red) akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolda Sulbar.”

Selamat bertugas di tempat tugas yang baru bapak Lukman Wahyu Harianto, dan selamat datang bapak Nandang di Sulbar ini.

ZULKIFLI

TINGGALKAN KOMENTAR