Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas, Letkol Arh Hari Purnomo, S.Hub.Int., M.Han. (Foto: Zaenal)

TRANSTIPO.com, Polewali – Korem 142/Tatag menggelar Latihan Posko I di Kodim 1402/Polmas. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wadanlat Letkol Inf Andi Aras melalui upacara pembukaan latihan Posko di Aula Kompi B Yonif 721/Makkasau, Senin 8 Juni 2020 pagi tadi.

Upacara pembukaanitu, diikuti Para Dansat Kabalak, Kasi/Pasi Rem 142/Tatag serta personel Kodim 1402/Polmas, perwakilan dari polres Polman, Kompi Brimob, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polman serta Damkar.

Dalam amanat Danrem 142/Tatag, Brigjen TNI Firman Dahlan, yang disampaikan oleh Wadanlat Letkol Inf Andi Aras, mengatakan, latihan Posko I merupakan salah satu latihan taktis tanpa pasukan dengan metode gladi.

Kegiatan ini bertujuan, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf Kodim dalam merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan mengendalikan tugas operasi.

Disampaikan pula, pelaku harus mampu mengarahkan realisme latihan Posko I Kodim 1402/ Polmas, sesuai dengan dinamika sesungguhnya yang terjadi di lapangan.

Ia menegaskan, agar pasukan dapat menciptakan realisme latihan melalui koordinasi, Komunikasi, Sinergitas hubungan Komandan dan Staf serta kerjasama instansi terkait, terutama dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Polman sebagai pelaku tanding dalam mengatasi bencana alam yang terjadi di wilayah.

Selain itu, Danrem juga menegaskan agar latihan ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh, agar saat menghadapi situasi yang sebenarnya seluruh komponen Apwil dari tingkat terkecil sudah siap.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas, Letkol Arh Hari Purnomo, S.Hub.Int., M.Han mengatakan, latihan Posko 1 Kodim 1402/Polmas yang mengusung tema “Kodim 1402/Polmas melaksanakan tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah mengatasi akibat bencana alam diwilayah Kabupaten Polewali Mandar dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 142/Tatag” akan digelar selama 3 hari.

Ia menyampaikan, di kabupaten kota banyak terjadi bencana alam, baik banjir maupun tanah longsor ditengah maraknya pandemi Covid-19, yang menjadi bencana tingkat nasional ini.

“Walaupun kita sedang berada ditengah pandemi Covid-19, tapi kita tidak boleh lengah dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam untuk membantu Pemda khususnya wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas,” tandasnya.

ZAENAL/ WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR