Sapi seberat 1,05 ton telah dibeli oleh Presiden Jokowi untuk disembelih pada Hari Raya Kurban 2019, Wonomulyo, Polman, Senin, 5 Agustus 2019. (Foto: Wahyu)

TRANSTIPO.com, Polewali – Warnanya hitam kombinasi putih terlihat sangat bersih, terlebih jika telah selesai dimandikan, ukurannya terlihat berbeda dari yang lain. Sapi ini besar, berasal dari Wonomulyo, Polewali Mandar (Polman).

Itulah sapi jenis simental milik Abd Rahim (64), warga Lingkungan Ujung Baru, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman.

Sapi tersebut beratnya mencapai 1 ton 50 kilogram, panjang 2,1 meter, dan tinggi 179 centimeter merupakan sapi terbesar di Polman bahkan di Sulawesi Barat (Sulbar).

Menurut Abd Rahim, sapi jantan miliknya itu telah dirawat selama hampir tiga tahun: pagi dan sore sapi dimandikan dan diberi pakan spesial.

“Pakannya, selain rumput juga diberikan ampas tahu dan pagi sore diberi minum,” kata Rahim pada Senin, 5 Agustus 2019.

Sapi seberat 1,05 ton milik Abd. Rahim (64) telah dibeli oleh Presiden Jokowi untuk disembelih pada Hari Raya Kurban 2019, Wonomulyo, Polman, Senin, 5 Agustus 2019. (Foto: Wahyu)

Ampas tahu yang diberikan itu, tambah Rahim, agar pertumbuhannya cepat dan perutnya tidak kembung. Sesekali sapi simemtal itu ia pijat mulai dari bagian belakang hingga ke depan.

“Sering saya sapu-sapu dari belakang, seperti dipijit. Pokoknya benar-benar saya rawat sehingga besarnya sampai begini,” aku Rahim.

Sapi yang telah dirawat Abd Rahim itu selama kurang lebih tiga tahun itu telah dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dengan harga Rp85 juta untuk kepentingan kurban pada hari Raya Iduladha mendatang.

Sapi terbesar di Polman itu rencananya akan dibawa ke Kabupaten Mamuju sehari sebelum Iduladha untuk disembelih pada Hari Raya Kurban.

“Ini sudah dibayar pak Jokowi seharga Rp85 juta, mau dibawa ke Mamuju karena dipotong di sana. Satu hari sebelum lebaran kami sudah antar kesana,” pungkasnya.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR