Ketua DPC PKB Polman Amiruddin (kiri). (Foto: Muhammad Arif)

TRANSTIPO.com, Polewali – Tidak dapat dipungkiri bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan anak kandung yang dilahirkan dari tubuh Nahdlatul Ulama (NU). Hubungan ini dapat dikatakan sebagai relasi politik yang “genetikal” antara NU dan PKB: NU sebagai bapak dan PKB adalah anaknya.

Faktor itulah yang melatari, sehingga jelang Muktamar PKB di Bali, Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Polewali Mandar (Polman) memohon restu PCNU Polman untuk berangkat ke sana.

Kepada media, Sabtu, 10 Agustus 2019, Ketua DPC PKB Polman Amiruddin menyampaikan bahwa keputusan-keputusan penting partai, acapkali ia konsultasikan kepada PCNU Polman. Termasuk keputusan bulat meminta Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk kembali memimpin PKB.

“Selain keinginan dari internal PKB Polman,  itu sudah kita konsultasikan kepada PCNU Polman,” kata Amiruddin, saat ini Wakil Ketua DPRD Polman.

Saat dkonfirmasi, Ketua PCNU Polman, KH. Muhammad Arsyad membenarkan hal itu. Menurut pengasuh pondok pesantren Nahdlatul Ulum Sarampu tersebut, telah jauh hari, DPC PKB Polman datang berkonsultasi dengannya.

“Para pengurus PKB selalu meminta masukan kami di NU, termasuk keputusan mereka meminta aklamasi Cak Imin untuk menjadi ketua umum di Muktamar nanti,” Kata Muhammad Arsyad.

Rencananya, tanggal 19 Agustus mendatang DPC PKB Polman akan memberangkatkan 25 orang, yang terdiri dari pengurus DPC, PAC, dan anggota dewan terpilih.

MUHAMMAD ARIF

TINGGALKAN KOMENTAR