Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Polewali Mandar (Polman) Muhammad Hatta. (Foto: Wahyu)

TRANSTIPO.com, Polewali – Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Polewali Mandar (Polman) Muhammad Hatta menyayangkan ketidakhadiran orangtua siswa mendampingi anaknya saat awal masuk sekolah.

Kehadiran orangtua siswa dibutuhkan karena akan saling mengenal dengan para wali kelas siswa di sekolah, disamping para wali kelas memberikan pemahaman terhadap orangtua siswa terkait aturan-aturan yang ada di lingkup sekolah tersebut.

“Bahkan ini telah ditekankan oleh pemerintah provinsi dalam hal ini Sekprov Sulbar, bahwa izinkan para orangtua siswa mengantarkan anaknya saat awal masuk sekolah. Meskipun yang bersangkutan PNS, ya harus luangkan waktunya karena ini hal yang penting. Tapi kenyataannya tidak banyak orangtua siswa yang datang, entah apa alasannya,” ujar Muhammad Hatta saat ditemui seusai pimpin upacara di halaman SMA Negeri 2 Polewali, Senin kemarin.

Selain saling kenal antara guru dan orangtua siswa, tambah Hatta, pihak orangtua juga harus mengenal suasana dan kondisi yang ada di sekolah tempat anaknya menimbah ilmu selama tiga tahun itu. Juga harus mengetahui segala program yang ada di sekolah agar nantinya tidak ada tanggapan negatif pada sekolah ini.

“Saya rasa apa yang akan disampaikan pihak sekolah kepada orangtua siswa ini bagian dari kepentingan dalam proses belajar ke depan. Makanya diminta untuk hadir tapi masih banyak orangtua yang menyepelekan hal ini. Tidak diminta-minta selama dalam tiga tahun ada saja siswa yang bermasalah, maka tidak ada lagi pertanyaan dari pihak orangtua karena sudah dijelaskan sejak awal. Ini yang kemudian menjadi pertimbangan sehingga harus hadir,” pungkasnya.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR