Gelar budaya Internasional, PIFAF kedua, Polman 2017. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Polewali – Jelang Pembukaan Opening Ceremoni Festival Budaya Polewali Mandar International Folk And Art Festival (PIFAF), Selasa, 1 Agustus 2017.

Acara ini dirangkaikan dengan karnaval yang diikuti peserta PIFAF dari 5 Negara, dan 8 Negara peserta AIESEC—program kebudayaan—seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, India, Slovakia, Francis, Amerika Serikat, Portugal, Vietnam, Spanyol, Maroko, dan Finlandia.

Begitu sibuknya panitia pelaksana dalam persiapan jelang pembukaan PIFAF 2017 siang tadi di Polewali, Polman, Sulbar. Ceremony ini dipusatkan di Sport Center Polewali.

“Undangan disiapkan tribun utama Stadion Sport Center, termasuk di dalam lapangan sudah ada panggung tempat pertunjukkan dan atraksi budaya dan karnaval tengah difinalisasi. Kita libatkan unit kerja terkait tugas masing-masing, dan total melaksanakan tugasnya itu,” Kata Mustari Mula Tammaga, Ketua Panitia PIFAF.

Karnaval budaya peserta PIFAF antar bangsa akan mengambil rute atau start dari Alun-Alun kota Polewali menyusuri Jalan HOS Cokrominoto terus ke Stadion Sport Center, Kelurahan Madatte, Polewali.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar serta Presiden CIOFF Indonesia Said Rahman dan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar akan membuka pegelaran budaya tingkat internasional ini.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar (AIM) mengharapkan, peran dan partispsai positif semua pihak untuk kesuksesan ajang PIFAF tahun kedua yang dilaksanakan di Polman, Sulbar.

“Menjaga keamanan dan ketertiban merupakan tanggang jawab kita semua termasuk masyarakat yang datang untuk menyaksikan pegelaran PIFAF. Kita ketahui bersama masyarakat Polman berbudaya,” kata AIM ketika menyaksikan persiapan kegiatan PIFAF di Sport Center.

Kapolres Polman AKBP Hany Andika juga telah mengecek kesiapan pengamanan di Sport Center jelang pembukaan. Menurutnya, pihaknya melibatkan kelengkapan personil keamanan untuk kelancaran dan keamanan Pembukaan PIFAF.

“Pengamanan areal Sport Center melibatkan 300 personil, terdiri dari Brimob Sulselbar, personil gabungan TNI dan Satpol PP. Pula didukung personil dari Dishub Polman. Apresiasi perlibatan keamanan Polda bertujuan menyukseskan pelaksanaan PIFAF,” kata AKBP Hanny Andika.

Sebelum pembukaan PIFAF, diadakan pertemuan pimpinan group (Meeting Directors Group) untuk membahas program kegiatan PIFAF di Café and Resto Beruq Beruq Polewali. Sekalian dirangkaikan dengan pertukaran cenderamata dengan pimpinan group, Selasa, 1 Agustus 2017.

Peserta tengah bersiap atau berangkat dari Resto Beruq Beruq Polewali menuju Sport Centre Polman untuk mengikuti upacara pembukaan (Opening Ceremony).

Acara lainnya, peserta karnaval akan mengunjungi stand Polewali Mandar Expo V 2017 yang dirangkaikan penjualan kraft (Souvenir) dari peserta PIFAF.

Kemudian malam harinya, (Selasa malam ini, red), dijadwalkan seluruh peserta PIFAF welcome dinner dengan perwakilan Kementrian Pariwisata, Gubernur Sulbar, dan Bupati Polman serta undangan VVIP lainnya di Rumah Jabatan Bupati Polman.

Selanjutnya, menuju panggung utama PIFAF di area Sport Centre dengan penampil dari negara Tim AIESEC serta pagelaran ekspresi seni budaya nusantara dari Sanggar Seni se-Sulbar dan dari luar provinsi Sulbar.

MEDIA CENTER PIFAF/FRENDI CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR