Carlo, AAS, dan ABM Hadir di Pasangkayu Memories

1620

TRANSTIPO.com, Pasangkayu – Penjabat Gubernur Sulbar Carlo B Tewu pimpin upacara bendera dalam rangka Hari Jadi ke-14 Kabupaten Mamuju Utara (Matra) atau Kabupaten Pasangkayu—nama baru kabupaten yang mekar pada 2003 lalu. Upacara HUT ini dipusatkan di Alun-Alun kota Pasangkayu, Selasa, 18 April 2017.

Di acara ini, tampak mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh (AAS), dan pemenang Pilgub Sulbar 2017 Ali Baal Masdar (ABM). Yang di Matra sendiri, mulai dari Bupati Matra Agus Ambo Djiwa hingga seluruh jajaran Pemkab Matra hadir dalam moment bersejarah ini.

Dalam sambutanya, Carlo B Tewu mengatakan, kini kita telah berada pada era reformasi dan membangun nilai hakiki demokrasi. Sehingga Mamuju Utara mekar dari induknya, Kabupaten Mamuju, tak lain demi pendekatan pelayanan pembangunan maupun pelayanan langsung kepada masyarakat Matra.

“Pemekaran ini tak datang begitu saja, tapi melalui tetesan keringat, kerja keras, dan perjuangan. Oleh karena itu, kita patut berikan penghargaan kepada pejuang KAPKP,” kata Carlo Tewu.

Menurut Carlo, memeringati peristiwa bersejarah seperti peringatan hari jadi ini adalah hal wajar dan pantas. Di dalamnya ada nilai histori, dan makna mendalam tentang berdirinya daerah otonomi baru (DOB).

“Usia empat belas (14) tahun, Matra masih muda dalam membangun kemandirian. Untuk itu diharapkan partisipasi dan bahu-membahu agar tercipta good governance,” kata Carlo lagi.

Dia menambahkan, walaupun usia Matra masih kategori belia, namun patut diapresiasi pembangunan di daerah ini. Hal ini jika dilihat dari indeks pertumbuhan ekonomi yang mencapai 16,67 persen. Angka kemiskinan berkurang dari 9 persen menjadi hanya 4 persen. Dan, angka pengangguran turun dari 6 persen, menjadi 2 persen.

“Dari kemajuan yang dicapai itu, saya berharap Pemkab Matra terus berbenah diri, dan meningkatkan kinerja lembaga serta partisipasi warganya,” tutup Carlo Tewu di Pasangkayu.

FIRMANSYAH

TINGGALKAN KOMENTAR