Kapolres Mamuju AKBP Muhammad Rifai (kanan) sedang melakukan siraman air di atas kepala kepada salah seorang anggota Polri yang baru yang akan bertugas di wilayah Polres Mamuju, Rabu, 12 April 2017. (Foto: Syaifuddin)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Sebanyak 30 personil bintara remaja Kepolisian Resort (Polres) Mamuju kembali dikukuhkan melalui siraman bunga yang dilakukan oleh Bupati Mamuju Habsi Wahid di Rumah Jabatan Bupati (Sapota), Rabu, 12 April 2017.

Habsi Wahid yang berkesempatan pertama kali melakukan siraman bunga bagi bintara remaja Polres Mamuju mengungkapkan, siraman yang diperuntuhkan bagi para bintara remaja sudah menjadi tradisi yang dilakukan Pemkab Mamuju dan Polres Mamuju sejak beberapa tahun terakhir.

Bupati menjelaskan, banyak filosofi dari penyiraman bunga tersebut. Filosofi dari penyiraman anggota bintara remaja ini sesungguhnya mengandung makna tersendiri sebagai polisi dan bintara remaja yang memulai tugas dan tanggung jawab selaku pengayom dan pembina masyarakat.

“Sebelum mereka bertugas, ya, perlu disiram dengan air dan bunga yang wangi. Banyak filosofi yang terkandung dari hal itu, di antaranya siraman air biar hati dan kepalanya dingin dalam beradaptasi dengan masyarakat Mamuju. Begitupun dengan kembang yang memberikan bau yang wangi. Ini menandakan bahwa bau yang wangi sangat disenangi oleh masyarakat Mamuju sehingga untuk berbaur dengan masyarakat harus wangi,” jelas Habsi Wahid.

Kapolres Mamuju AKBP Muhammad Rifai dalam sambutannya berharap agar para bintara remaja bisa cepat menyesuaikan diri di wilayah Kabupaten Mamuju sebagai anggota polisi.

“Tentunya juga para bintara remaja ini bisa merasakan bahwa daerah ini bisa dijadikan sebagai rumah mereka sendiri meski di antara mereka berasal dari daerah lain,” tutup Kapolres Mamuju.

SYAIFUDDIN/HUMAS PEMKAB MAMUJU

TINGGALKAN KOMENTAR