Koordinator Aksi Solidaritas Pemerhati Pendidkan, Dino Alfin.

TRANSTIPO.COM, Mamuju – Sejumlah pihak yang mengatasnamakan Komunitas Peduli Pendidikan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor KPU Mamuju, Jl Mustafa Kadjo, Lingkungan Graha Nusa Mamuju dan Kantor Bawaslu Kabupaten Mamuju, di Jl Pengayoman, Mamuju, Selasa, 22 September 2020.

Dalam tuntutannya, Koordinator Aksi, Dino Alfin Hamid meminta verifikasi berkas pencalonan bakal calon wakil Bupati Mamuju, Ado Mas’ud dikaji ulang.

Pasalnya Dino Alfin, menuding Ijazah Ado Mas’ud palsu, selain itu, Dino menanyakan hasil konfirmasi Ijazah Ado Mas’ud yang dilakukan oleh KPU Mamuju.

“Apakah hasil verifikasi tersebut telah dilakukan? Kalau iya apakah kami bisa melihatnya untuk diketuhui oleh publik?” tuturnya di halaman KPU Mamuju.

Sementara itu, dihadapan Bawaslu Mamuju, Dino meminta pengawasan keputusan KPU Mamuju dapat dikroscek.

Ia beralasan ketidak sesuaian nama e-KTP Ado Mas’ud dan Ijazah atas nama Mas’ud perlu diverifikasi lebih lanjut.

“Kami menyayangkan sikap KPU Mamuju yang begitu cepat mengatakan jika Ijazah Ado Mas’ud iya ril dan sah, tolonglah Bawaslu mengkroscek karna ini saya rasa perlu waktu,” lanjutnya.

Sedangkan Komisioner KPU Mamuju, Ahmad Amran Nur mengungkapkan, sah atau tidaknya Ijazah bukan kewenangan KPU.

“Kami hanya berwenang untuk melakukan konfirmasi ke kampus terkait, diluar itu bukan kewenangan KPU,” tegas Amran.

Di tempat terpisah, Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin menyebut, sebelumnya ada laporan terkait yang diterima Bawaslu Mamuju, tetapi Ia mengaku kesulitan menindak lanjutinya dikarenakan pelapor tak mencantumkan Identitas serta kontak person yang jelas.

“Ada juga laporan yang terkait, tetapi unsur materilnya belum lengkap dan kami kesulitan memproses karena pelapor tidak mencantumkan kontak person yang jelas,” kata Rusdin.

Sejumlah postingan di media sosial pun menodai aksi yang diklaim dari Komunitas Pendidikan itu dengan beredarnya foto korlap atas nama Dino Alfin, merupakan bekas calon Legislatif tahun 2019 lalu dari Partai Hanura.

Berdasarkan penelusuran TRANSTIPO, Dino tercantum di nomor urut tujuh dalam jajaran calon legislatif yang maju di Dapil Empat Mamuju (Kalukku, Bonehau, Kalumpang) dari partai pengusung Habsi-Irwan yang juga bakal pasangan petahana pada Pilkada Mamuji tahun 2020.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPC Partai HANURA Kabupaten Mamuju, Andi Dodi membenarkan jika Dino Alfin merupakan calon legislatif yang maju pada Pemilihan Umum tahun 2019 lalu,

Andi Dodi menuturkan, caleg dengan nomor urut tujuh itu hanya memperoleh kurang dari 20 suara.

“Iya benar, Dia (Dino Alfin) adalah Salah satu Caleg dari Hanura tahun 2019 lalu, tapi hanya peroleh suara kalau tidak salah dibawah 20,” tegasnya.

SUGIARTO

TINGGALKAN KOMENTAR