Ki-Ka: Kepala Kemenag Sulbar H. Muhdin, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Istri Lukma Hakim Saifuddin, Wagub Sulbar Hj. Ennya Anggraeni Anwar di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Selasa, 25 Juli 2017. (Foto: Zulkifli)

Lukman Hakim Saifuddin memuji pelaksanaan Festival Budaya Islam dan Khatam Al-Qur’an di Mamuju.

Perhelatan Akbar ini beroleh penghargaan dari Rekor MURI Indonesia.

TRANSTIPO.com, Mamuju – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin beserta istri menghadiri Festival Budaya Islam dan Khatam Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Pemkab Mamuju di Pantai Manakarra, Jalan Yos Sudarso, Mamuju, Selasa, 27 Juli 2017.

Selain menteri Agama RI, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar, Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Nandang, Perwakilan Danrem 142/Tatag, Bupati Mamuju Habsi Wahid, Wakil Bupati Mamuju Irwan Pababari.

Hadir pula Forkopimda Sulbar dan Mamuju, Kepala Kemenag Sulbar dan Mamuju, Kapolres Mamuju, serta sejumlah tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Di awal sambutannya, Bupati Mamuju Habsi mengatakan, “Selaku Bupati Mamuju menyampaikan ucapan selamat dating, terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menteri Agama Republik Indonesia atas kehadirannya di Mamuju.”

Habsi Wahid lalu memaparkan, sebanyak 7.768 santri dan santriwati binaan Pemkab Mamuju yang ikut Khatam Al-Qur’an dalam acara ini.

“Terkait pelaksanaan Festival Budaya Islam yang kita selenggarakan sore ini (Selasa, 25 Juli, red) dengan kegiatan utama adalah Khatam Al-Qur’an Santri TPQ binaan Pemkab Mamuju, ditandai dengan wisuda sebanyak 7.768 santri,” kata Habsi.

Menurut Habsi, salah satu program Pemkab Mamuju di bidang pendidikan keagamaan adalah pembangunan TPQ percontohan di tiap desa, atau sejumlah 88 desa dan 13 kelurahan di 11 kecamatan se-Kabupaten Mamuju.

“Maka jumlah TPQ pembinaan Pemkab Mamuju sebanyak 101 TPQ, dan program ini telah berjalan dan sudah memasuki tahun kedua. Setiap tahun ditargetkan akan Khatam 5000 lebih santri dengan rata-rata 50 santri per TPQ pertahun. Tahun ini kita Khatam sekitar 7.768 santri yang saat ini kita laksanakan,” jelas Bupati Habsi.

Di tempat yang sama, Menteri Agama RI mengatakan, sangat bersyukur dapat hadir di Mamuju menyaksikan Festival Budaya Islam dan Khatam Al-Quran.

Tampak Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dan Bupati Mamuju Habsi Wahid (kemeja putih dan songkok) sedang menaiki Kuda Pattu’du’ dalam acara Khatam Al-Qur’an, Mamuju, Selasa, 25 Juli 2017. (Foto: Zulkifli)

“Ini tradisi yang sangat baik. Festival Budaya Islami yang dibarengkan dengan Khatam Al-Qur’an. Sebuah tradisi yang tentu telah ditinggalkan oleh para pendahulu kita, para guru-guru kita. Bagaimana nilai-nilai agama khususnya kita dalam membudayakan Al-Quran dalam artian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita,” kata Lukman Hakim Saifuddin.

Ia juga mengatakan, warisan Khatam Al-Qur’an yang ditinggalkan oleh para pendahulu semoga senantiasa dijaga dan dipelihara.

“Itu tradisi yang luar biasa menurut saya. Jadi ada kebanggaan diri anak-anak itu ketika dia mampu mengKhatamkan Al-Qur’an. Suatu prestasi yang patut disyukuri sekaligus diberikan penghormatan kepada yang telah mengKhatamkannya,” puji Lukman Hakim.

Dalam acara Festival Budaya Islam dan Khatam Al-Qur’an ini, Pemkab Mamuju mendapat penghargaan Rekor MURI, dengan pelaksanaan Khatam Al-Qur’an terbanyak di Indonesia.

ZULKIFLI

TINGGALKAN KOMENTAR