Bupati Mamuju Habsi Wahid. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju menerima 4 Perda yang disahkan oleh DPRD Kabupaten Mamuju.

Seusai Rapat Paripurna DPRD Mamuju terkait pengesahan 4 Ranperda menjadi Perda, Bupati Mamuju Habsi Wahid mengatakan, setelah disahkannya Ranperda ini menjadi Perda.

Institusi yang harus melakukan pengawasan kontrol agar Perda ini dijalankan dengan baik yaitu pihak legislatif sebagai fungsi pengawasannya, dan eksekutif sebagai pihak yang  melakukan operasional di lapangan. Hal ini sisampaikan Habsi Wahid pada Kamis, 21 Februari 2109.

“Perda ini dibuat memang untuk kepentingan masyarakat,” kata Habsi Wahid.

Ia mengatakan, tadi (Kamis, red) kita telah mendengarkan untuk Perda Pendapatan Asli Daerah, itu dipungut dari masyarakat dan dikembalikan kepada masyarakat. Karena itu Perda tersebut harus diefektivkan di dalam pengelolaannya.

Salah satu contohnya, sebut Habsi, yaitu pajak hiburan. Kemarin sebelum dilakukan berubahan terkait pajak hiburan, pihak perusahaan-perusahaan yang mengelolah tempat hiburan tidak mau menyetor karena mereka menganggap apa yang mereka dapat dari 7,5 persen yang harus diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Di Perda yang sekarang, kita akan menyesuaikan tarif yang sesungguhnya berdasarkan potensi yang ada di lapangan. Insya Allah Dinas Pendapatan Daerah akan melakukan pendataan baik itu hotel maupun tempat hiburan lainnya, agar mereka menyetor tarif yang sesuai yang ditetapkan kisaranya 10 sampai 30 persen,” tegas Bupati Mamuju Habsi Wahid.

Bagaimana Perda yang lain?

Habsi menuturkan, terkait Perda yang lain tinggal fungsi pengawasannya dan pengatutannya seperi memperkerjakan tenaga asing, jangan sampai nanti ada investor yang masuk dan lebih mengutamakan memperkerjakan orang asing dari pada kita.

“Terkait perda yang sudah disahkan baru-baru ini, semua perlu kontrol baik itu pihak eksekutif terlebih khusus kepada pihak legislatif itu sendiri,” tutup Habsi Wahid. (Tayangan ini Dikerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju)

ARISMAN

TINGGALKAN KOMENTAR