Bupati Mamuju Habsi Wahid (kiri) sedang melantik sejumlah kepala desa di Desa Batu Pannu, Mamuju, Senin, 22 Januari 2018. Pelantikan ini dilakukan di pelataran sebuah sekolah di bawah tenda terowongan. (Foto: Humas Pemkab Mamuju)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Tidak seperti pelantikan di kecamatan lain yang berlangsung di kantor camat. Kali ini, atau ketika berlangsung pelantikan kepala desa asal Kecamatan Mamuju, Kecamatan Simboro, dan Kecamatan Bala-balakang, dilaksanakan di Desa Batu Pannu, Kecamatan Mamuju.

Bupati Mamuju Habsi Wahid punya alasan sendiri mengapa memilih Desa Batu Pannu sebagai tempat pelantikan tersebut.

Habsi Wahid bilang, kepala desa terpilih itu minta agar dilantik di daerahnya. Mengapresiasi permintaan itu, Bupati Mamuju menyetujui sehingga pelantikan ditempatkan di wilayah yang berjarak kurang lebih 5 km dari Kantor Camat Mamuju.

Tempat pelantikan berlangsung di pelataran SDN Bayor-Bayor, Senin, 22 Januari 2018.

“Sebelum saya menentukan tempat pelantikan, beberapa tokoh masyarakat di Batu Pannu ini—termasuk kepala desanya—datang ke Sapota (rumah jabatan bupati, red) menyampaikan permohonan atas nama masyarakat Batu Pannu, berharap pelantikan kepala desa ini dilakukan di Batu Pannu,” kata Habsi Wahid.

Ini artinya, sambung Habsi Wahid, kepala desa belum dilantik sudah memberikan perhatian yang besar kepada masyarakat. “Makanya saya juga langsung memberikan apresiasi dan persetujuan. Jadi saya iyakan,” kata Habsi.

Dalam sambutannya, Bupati  Habsi Wahid mengakui bahwa dari sejumlah desa yang ada di Kabupaten Mamuju, Desa Batu Pannu memang masih perlu diberi perhatian.

Dari itu, ia mengajak seluruh kepala OPD untuk mengikuti kegiatan pelantikan kepala desa sekaligus melihat kondisi wilayah dan kondisi sosial masyarakat di daerah tersebut.

“Saya sampaikan pak Dinas PU, tolong perhatikan jalan yang kita lewati tadi, kalau tidak bisa ini tahun, ya tahun 2019 harus tuntas jalan ini,” tegas Habsi.

Kepada kepala desa lain yang turut dilantik, Habsi menyampaikan bahwa terpilihnya Batu Pannu sebagai tempat pelantikan, bukan berarti desa lain diabaikan. Tapi ia menyebut, pembangunan juga akan tetap dilakukan di desa-desa tersebut.

Adapun kepala desa yang dilantik ialah, Karman (Kepala Desa Batu Pannu, Kecamatan Mamuju, Rusli (Kepala Desa Pati’di’ Kecamatan Simboro), Rahmat (Kepala Desa Tapandullu, Kecamatan Simboro), dan Mahmud Idrus (Kepala Desa Bala-balakang Timur, Kecamatan Kepulauan Bala-balakang).

Untuk informasi, setelah melantik empat kepala desa tersebut di atas, Bupati Mamuju lanjut melantik empat kepala desa di Kecamatan Kalukku yang berlangsung di Pelataran Kantor Camat Kalukku.

Mereka yang dilantik ialah Munajat (Kepala Desa Kabuloang),  Abdul Qobid (Kepala Desa Belang-belang), Jasmin (Kepala Desa Pammulukang), dan Arman Hafid (Kepala Desa Kalukku Barat).

DIAN HARDIANTI Kontributor

TINGGALKAN KOMENTAR