Deputi BI Sulbar Tri Adiriyanto (duduk, kiri) di d’Maleo Hotel & Convention Mamuju, Kamis, 27 Juli 2017. (Foto: Zulkifli)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulbar melakukan sosialisasi pada Kamis, 27 Juli 2017.

BI mengenalkan tentang tugas dan fungsi Bank Indonesia sebagai sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah.

Kegiatan ini bertempat di d’Maleo Hotel & Convention Mamuju. Hadir Babinsa dan Babinkantibmas di Sulbar.

“Melihat bahwa TNI dan Polri mempunyai anggota yang tersebar sampai tingkat desa dan kelurahan. Tentunya ini adalah salah satu jalur kita untuk kerjasama. Apa yang menjadi harapan kami, tentunya sosialisasi ini bisa sampai ke masyarakat untuk menghindari peredaran uang palsu,” kata Tri Adiriyanto, Deputi BI Sulbar, di awal sambutannya.

Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan TNI dan Polri dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah agar terhindar dari peredaran uang palsu.

“Ini merupakan salah satu tugas kami, karena di bidang pembayaran/transaksi uang rupiah yang berhubungan erat dengan masyarakat. Kami dari BI mengharapkan dukungan dari TNI dan Polri dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, bagaimana masyarakat bisa mengenali keaslian uang rupiah,” harap Tri.

Uang Rupiah Emisi 2016 yang telah dilengkapi dengan unsur-unsur pengaman yang handal, namun dirinya juga tak menapik jika tak ada yang tak bisa dipalsukan.

“Sampai saat ini pemalsuan uang rupiah, belum ada ditemukan yang sangat mirip dengan yang uang rupiah asli. Yang penting kita mengetahui ciri-ciri yang asli itu seperti apa agar masyarakat juga bisa terhindar atau menjadi korban uang palsu dari adanya oknum-oknum yang membuat uang palsu,” kata Tri lagi.

ZULKIFLI

TINGGALKAN KOMENTAR