Tamzil Manasik Dipublis Agar Kemenag Tak Dianggap ‘Tertutup’

2057
Kemenag Mateng laksanakan Manasik tahun 2023. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Ratusan jamaah haji sukses mengikuti Manasik yang digelar oleh Kantor Kemenag Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulbar.

Manasik atau peragaan pelaksanaan Ibadah Haji sesuai dengan rukun-rukunnya digelar oleh Kemenag Mateng di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Pelaksanaan di tingkat kecamatan dibagi dalam dua zonasi: zona I untuk Kecamatan Topoyo dan Kecamatan Karossa. Zona II meliputi Kecamatan Tobadak, Kecamatan Budong-budong, dan Kecamatan Pangale.

Kabupaten Mateng mendapat kuota haji tahun 2023 ini sebanyak 183 calon jemaah haji. Namun yang mengikuti manasik yang digelar Kemenag Mateng sejak 30 April s.d. 17 Mei 2023 ini sebanyak 173 orang jemaah.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam Kemenag Mateng, H. Bunaman Ismail Diamud saat jumpa pers di kantornya, Rabu malam, 17 Mei 2023.

“Kuota kita di tahun 2023 ini 183 jemaah, tapi yang ikut manasik haji hanya 173 jemaah. 159 jemaah reguler tambah 14 jamaah cadangan. Jemaah ini yang sudah melakukan pelunasan pembayaran,” ujar Bunaman.

Sedangkan jemaah yang belum melunasi perjalanan haji mereka, tambah Bunaman, karena beberapa kendala, salah satunya tidak ada pendamping, faktor ekonomi serta yang bersangkutan sakit.

Sedangkan untuk biaya pelaksanaan seluruhnya, sambung Bunaman, ditanggung pemerintah melalui dana PAOH. Terkait dana ini tidak diketahui jumlahnya berapa.

“Pelaksanaan ini (manasik) tidak dipungut biaya sama sekali,” terang Bunawan.

RULY SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini