Pimpinan Bawaslu Mateng dan Bawaslu Sulbar foto bersama seusai kegiatan Rakor di Topoyo, Jumat, 4 Desember 2020. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.COM, Topoyo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipasi dengan tema “Peran Media Dalam Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tengah tahun 2020”, berlangsung di Cafe Mama Topoyo, Jumat, 4 Desember 2020.

Rakor ini dihadiri oleh komisioner Bawaslu Sulbar, Ko0rdinator Divisi Pencegahan Supriadi Narno, Ketua Bawaslu Mateng Elmansyah, komisioner Bawaslu Taufik dan Rahmatuhammad serta sejumlah kru media di Mateng.

Media, selain berperan dalam pengawasan pada Pilkada Mateng, juga berperan penting dalam memberikan informasi yang akurat, serta berkualitas kepada masyarakat tanpa ada unsur Sara dan Hoax.

Hal itu tercapai manakala terjadi komunikasi yang intens antara media dan Bawaslu. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Mateng Elmansyah dalam sambutannya.

Masih Elman, informasi yang nantinya akan muncul bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga ikut menentukan kualitas penyelenggaraan pelaksanaan dan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mateng.

Di tempat yang sama, Supriadi Narno selaku perwakilan dari Bawaslu Provinsi Sulvar menyampaikan, Bawaslu diberi tugas dan wewenang oleh undang-undang untuk mengawasi pemilu, namun undang-undang juga membuka ruang untuk melibatkan masyarakat dalam proses itu dengan tugas dan wewenang yang tentunya berbeda.

Sehingga Ia berharap dengan peran media dalam melakukan pengawasan dan memberikan informasi dapat berjalan dengan baik, sehingga hasil dari pemilihan tersebut adalah hasil yang benar-benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Dengan tugas dan wewenang itu, Bawaslu memformulasikan berbagai macam kegiatan partisipatif dengan melibatkan sebanyak mungkin masyarakat untuk membangun kesadaran, bahwa penyelenggaraan pemilihan itu harus diawasi, salah satunya adalah kegiatan ini,” terang Supriadi.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR