Narasumber pada kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan bencana oleh BPBD Mamuju Tengah di Wisma Fadilah, Topoyo, Selasa 15 Mei 2018. (Foto: Ruli Syamsil)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Dalam aturannya, bencana itu tanggung jawab tiga komponen, yaitu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

Berbicara tentang masyarakat, kita semu ini adalah masyarakat, terlepas dari jabatan, kami juga adalah masyarakat.

Dalam hal selaku pemerintah, kita mengharapkan kerja sama dengan masyarakat karena memang tidak bisa dipisahkan. Apabila terjadi suatu bencana yang menimpa suatu desa, maka masyarakat sangat berperan penting dalam hal menyampaikan informasi.

Hal ini disampaikan oleh Bachtiar, Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD dalam sosialisasi kesiapsiagaan bencana menuju desa tangguh, dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mamuju Tengah, Wisma Fadilah, Topoyo, Selasa, 15 Mei 2018.

Sementara, Plt. Kepala BPBD Mamuju Tengah Rahmat Syam mengatakan, peserta yang hadir adalah dari Kecamatan Tobadak dan Kecamatan Topoyo.

Ia juga menyampaikan, kegiatan sosialisasi seperti ini dapat membantu menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam hal cara menghadapi suatu bencana atau musibah.

“Ke depan, kegiatan sosialisasi ini kami juga sangat mengharapkan masyarakat bisa dilibatkan dan hadir lebih banyak lagi. Kalau perlu semua kecamatan,” kata Rahmat Syam.

Peserta pada kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan bencana oleh BPBD Mamuju Tengah di Wisma Fadilah, Topoyo, Selasa 15 Mei 2018. (Foto: Ruli Syamsil)

Muhammad Wahyudi Bachtiar menjelaskan, pentingnya sosialisasi dalam hal penangan yang tertimpa bencana.

“Perlu kita pahami, tanpa pengetahuan yang memadai tentang cara penanganan, apabila kita hendak menolong seorang teman atau orang lain itu akan sulit, bahkan kita bisa bingung bagaimana cara menolongnya. Kenapa? Karena kita tidak memiliki pengetahuan dasar untuk itu,” sebut Muh. Wahyudi.

Ia menjelaskan, dasar dan tatacara menolong, misalnya, seseorang sedang tenggelam dan tersedak. Tersedak itu bisa menghambat pernapasan. Dan, masih banyak lagi hal-hal yang perlu dipelajari.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR