Pemusnahan KTP-el yang rusak di Kabupaten Mateng, Senin, 17 Desember 2018. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Pada Senin, 17 Desember 2018, sekitar pukul 10.20 WITA, bertempat di halaman Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) dilakukan pemusnahan atau pembakaran ribuan KTP-el.

Pemusnahan KTP-el tersebut sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor: 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 tentang pemusnahan KTP-el yang rusak, gagal cetak dan invalid.

Pemusnahan ribuan KTP-el di Mateng tersebut disaksikan oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Maslam, Asisten I Setda Pemkab Mateng Ramli salawat, Kapolsek Topoyo Ibda Abdul Rajab, Ketua KPU Mateng Suryadi Rahmat, Ketua Bawaslu Mateng Elmansyah, Anggota DPRD Mateng Hamka, serta sejumlah pengurus parpol dan masyarakat.

Usai pemusnahaan KTP-el tersebut, Sekretaris Dinas Dukcapil Maslan mengatakan, pemusnahan KTP-el tersebut menindaklanjuti surat edaran Kementerian Dalam Negeri terkait pemusnahan KTP-el yang rusak atau gagal cetak dan invalid.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Mateng Maslam, Topoyo, Senin, 17 Desember 2018. (Foto: Ruli)

“KTP-el yang dimusnahkan tadi adalah KTP-el yang 6 bulan terakhir ini. KTP-el yang jumlahnya 2.614 keping tersebut berasal dari 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Mateng,” terang Maslam.

Terkait pemusnahan ini misalnya, sebut Maslam, bagi warga yang sebelumnya masih status lajang sekarang sudah punya istri atau sudah berkeluarga. Ada juga yang pindah domisili, dan lain sebagainya.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR