Kepala Dinas Perindag Kabupaten Mateng, Bahri Hamza. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.COM, Topoyo – Pasar Baru Topoyo di Kabupaten Mateng yang sudah lama jadi belum jua ditempati. Pemerintah setempat janji akan merenovasi dulu agar bisa ditempati, layaknya sebuah pasar. Dari pemerintah daerah, ia bilang Pasar Baru Topoyo direncanakan direnovasi di akhir bulan Desamber 2020.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindag Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Bahri Hamsa, Kamis, 12 November 2020.

“Iya, akhir bulan Desember 2020 – Januari 2021 rencananya Pasar Baru Topoyo akan kita bicarakan untuk kembali direnovasi,” ungkap Bahri di ruang kerjanya.

Hal itu, katanya, karena beberapa pertimbangan yang kita sudah bicarakan sebelumnya, selain melihat kondisi gedung pasar yang sekarang yang tidak tidak begitu maksimal penggunaannya, juga termasuk pertimbangan dari masukan para pedagang dan pelaku usaha yang ada di lokasi pasar.

“Rata-rata mereka memberi masukan kepada kami agar pasar tersebut baiknya direnovasi saja menjadi pasar terbuka. Permintaan mereka juga bukan tanpa alasan karena memang di pasar baru ini penggunaan gedungnya tidak maksimal,” terang Hamsah.

Menurut mereka, urai Hamzah, tidak nyaman jika pasar yang sekarang tertutup, karena beberapa alasan, salah satunya kata mereka, dari luar pasar itu kelihatan sepi, seperti tidak ditempati, sehingga mereka sangat menginginkan agar pasar itu terbuka saja, seperti pasar tradisional atau pasar lama juga terbuka.

“Hal ini sudah kita komunikasikan dengan pihak Pemerintah Mateng, yakni bupati pertama Muhammad Aras tammauni, dan beliau membuka ruang untuk itu,” ungkap Bahri.

Sehingga di akhir Desember atau Januari nanti kita akan komunikasikan kembali kepada pihak pelaku usaha yang ada di pasar tersebut. Pemerintah maupun pihak yang terkait membahas renovasi pasar tersebut.

“Kita berharap nantinya berjalan lancar dan tidak ada halangan, dan pasar tersebut bisa secara maksimal setelah berubah, karena ini untuk kepentingan masyarakat, khususnya bagi para pelaku yang menginginkan hal itu,” terangnya.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR