Setelah upacara bendera dalam rangka memeringati Hari Pancasila, 1 Juni 2019, Bupati Mateng H. Aras Tammauni (kedua kanan) sesaat sebelum melayani wawancara singkat dengan kru transtipo di lapangan upacara Kantor Bupati Mateng, Sabtu, 1 Juni 2019. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Wakil Bupati Mamuju Tengah (Mateng) HM Amin Jasa bertindak selaku inspektur upacara pada puncak peringatan Hari Pancasila, 1 Juni 2019 di lapangan upacara Kantor Bupati Mateng, Tobadak, Mateng, Sabtu 1 Juni.

Upacara yang berlangsung hidmat tersebut diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih, selanjutnya mengheningkan cipta dan membacakan teks Pancasila yang dipimpin oleh HM Amin Jasa dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Upacara ini turut dihadiri oleh Bupati Mateng H. Aras Tammauni, Sekda Mateng Askary Anwar, pimpinan OPD lingkup Pemkab Mateng, unsur TNI dan Polri di Mateng serta ASN, tenaga kontrak, honorer dan sejumlah tokoh masyarakat.

Terpantau, upacara bendera dimulai sekitar pukul 07.52 WITA. Upacara bendera menyambut Hari Pancasila ini berlangsung hikmat.

Seusai upacara, laman ini mewawancarai Bupati Mateng H. Aras Tammauni. Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa melalui peringatan Hari Pancasila ini masyarakat dapat mengenang kembali sejarah perkembangan bangsa, yakni tepatnya 1 Juni 1945, di mana telah lahir dasar falsafah Negara yakni Pancasila, yang usulan tersebut dari Ir Soekarno, Presiden pertama RI.

Dengan demikian, lanjut Aras Tammauni, Pancasila ini merupakan lambang kebesaran negara kita, di mana lambang kebesaran ini yang senantiasa mengingatkan kita kepada pendiri bangsa ini yang telah mempersatukan kita yang berbeda agama, suku, ras, golongan, di manapun berada.

Upacara bendera memeringati Hari Pancasila di lapangan upacara Kantor Bupati Mateng, Sabtu, 1 Juni 2019. (Foto: Ruli)

“Dengan dasar lambang Negara ini kita dapat bersatu, sehingga patut kita peringati tiap tahunnya yakni Hari Lahir Pancasila,” ujar Bupati Aras di tempat upacara.

Ia tambahkan, saya melihat khususnya di Mateng ini, masyarakat kita sangat antusias untuk ikut upacara memperingati Hari Lahir Pancasila.

Antusiasme masyarakat Mateng dalam memperingati hari kebesaran Nasional yang penting ini, Bupati Aras memberikan contoh jika masyarakat rela datang menyaksikan upacara.

Begitu pula dengan jajaran OPD di Mateng, menurutnya, hari ini kita melihat sendiri seluruh jajaran pemerintahan ikut hadir dalam upacara ini. “Kita lihat ribuan orang yang mengikuti upacara. Ini  patut dibesarkan dan dilestarikan,” kata Aras Tammauni.

Ia berharap agar Hari Pancasila tersebut perlu dilestarikan untuk terus kita kenang agar semangat persatuan, persaudaraan serta toleransi senantiasa kita wariskan ke penerus bangsa Indonesia, serta pendiri bangsa tidak mudah kita lupakan. “Terutama bagi penerus bangsa agar dapat mempertahankan ideologi Pancasila,” tegas Aras.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR