Panggung utama MTQ VII tingkat Provinsi Sulawesi Barat di Topoyo, Mamuju Tengah, telah ditutup pada 9 Mei 2018. (Foto: Ishaka)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII Provinsi Sulawesi Barat berakhir pada Rabu malam, 9 Mei, kemarin.

Kafilah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) keluar sebagai juara umum, sebab hampir mendominasi seluruh cabang yang diperlombakan. Tuan rumah, Kabupaten Mamuju Tengah berada di posisi kedua, dan juara umum ketiga diraih Kabupaten Pasangkayu.

Sekretaris Dewan Hakim MTQ Sulawesi Barat, Kamaruddin yang membacakan surat keputusan menyampaikan, Dewan Hakim menetapkan perolehan nilai dari seluruh kafilah adalah, Polewali Mandar dengan nilai 127, Mamuju Tengah dengan nilai 88, dan Pasangkayu memperoleh nilai 40.

Ki-Ka: Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Darno Madjid, perwakilan kafilah Polewali Mandar, Bupati Mamuju Tengah HM Aras Tammauni, dan Kepala Kemenag Sulawesi Barat H. Muhdin, Topoyo, 9 Mei 2018. (Foto: Ruli)

Kepala Kemenag Sulawesi Barat Muhdin dalam sambutannya mengatakan, MTQ bukan saja sekedar mencari siapa yang terbaik untuk mewakili Sulawesi Barat ke tingkat nasional, tapi merupakan ajang evaluasi pembinaan.

“Dengan MTQ ini juga bisa menjadi pemicu mendekatkan diri dengan Alquran. Mencintai dan mempelajari isi kandungan Alquran. Dan, yang lebih penting adalah mengamalkan isi yang terkandung dalam Alquran,” kata Muhdin.

Kemenag saat ini tengah konsentrasi menuntaskan baca-tulis Alquran di setiap kabupaten yang ada di Sulawesi Barat. Kita harapkan, lanjut dia, dalam waktu lima tahun ke depan anak-anak sudah bisa baca-tulis Alquran.

Wakil Bupati Mamuju Tengah HM Amin Jasa mengapresiasi keberhasilan kafilah asal Bumi Lalla’ Tassisara’—Mamuju Tengah—mampu menjadi juara umum kedua.

Semoga yang terbaik di masing-masing mata lomba dapat mengharumkan nama baik Sulawesi Barat di MTQ nasional yang akan berlangsung di Medan, Sumatera Utara.

Wakil Bupati Mamuju Tengah HM Amin Jasa. (Foto: Ruli)

“Pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Walaupun sebagai daerah otonomi baru, tapi kafilah Mamuju Tengah mampu memposisikan diri sebagai juara umum kedua. Mudah-mudahan pada MTQ yang akan datang, prestasi ini bisa dipertahankan, bila perlu bisa ditingkatkan menjadi juara umum,” kata Amin Jasa, mewakili Bupati Mamuju Tengah HM Aras Tammauni.

Gubernur Sulawesi Barat diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H Darno Madjid secara resmi menutup seluruh rangkaian MTQ.

“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada juara MTQ. Penghargaan yang setinggi-tingginya juga disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan mulai dari pembukaan hingga penutupan MTQ VII Sulawesi Barat ini,” katanya.

RULI SYAMSIL/ISHAKA MUH. TOIB

TINGGALKAN KOMENTAR