Hiburan dan permainan Hoya-hoya di Kabupaten Mateng. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Pasar malam dengan Hoya-hoya identik dengan berbagai macam permainan untuk anak-anak. Keramaian ini juga terdapat berbagai jual-jualan, misalnya pakaian, alat-alat dapur, dan ragam makanan yang dijajakan di arena hiburan Hoya-hoya itu.

Di sisi perekonomian Rakyat, memang ini turut membantu warga di sekitar tempat Hoya-hoya itu berada.

Terpantau, hiburan Hoya-hoya yang sedang digelar di Desa Waeputeh, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), diduga terdapat unsur judi, seperti permainan Bola Boling Gelinding. Para pengunjung juga tak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak pakai masker.

Diketahui, pembukaan hiburan Hoya-hoya ini di tempat terbuka ini tidak memiliki izin dari pihak kepolisian setempat.

Para pengunjung hiburan Hoya-hoya di Kabupaten Mateng, Sabtu, 3 April 2021. (Foto: Ruli)

Dikonfirmasi melalui telepon pada Sabtu, 3 April 2021, sekitar pukul 22.50 WITA, Kepala Polsek Topoyo Ipda Herman S mengatakan, akan ditindak tegas jika dalam keramaian itu terdapat unsur permainan judi, dan pelanggaran protokol kesehatan. Ia mengaku baru mengetahui hal itu.

“Kami akan segera tindak tegas, jika dalam hiburan (Hoya-hoya) tersebut terdapat unsur judi, karena itu hanya untuk tempat hiburan anak-anak,” kata Herman S.

Herman juga menegaskan, “Itu belum ada izinnya, belum ada permohonan izin keramaian ke kami. Kami akan tindaki.”

Upaya konfirmasi telah dilakukan kepada Kepala Desa Waeputeh, Mukhlis, baik melalui telepon maupun whatsapp pada Sabtu, 3 Maret, sekitar pukul 22.55 WITA, namun tidak ada respon.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR