Ket. Foto : Nampak Kantor Bank BRI Cabang Topoyo.(Ruli)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Nasabah mengeluh dengan pelayanan Kantor Bank BRI Cabang Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng).

Hal itu diungkapkan oleh IKS SY (45), ITN (26), dan IYN (27) yang tidak ingin dipublikasikan namanya, dimana mereka menilai pelayanan kantor BRI Cabang Topoyo diduga pilihkasih.

Mula-mula IKS SY bersama dengan nasabah lainnya yakni INN dan IYN, yang sedang berada di depan Bank BRI Cabang Topoyo sedang menunggu bank buka di jam kedua, sekitar pukul 13:45 WITA, Kamis 20 Mei 2021, cerita mereka pada kru laman ini.

“Jam buka bank tersebut tidak jelas, dan pelayanannya pun juga tidak baik, sangat lambat,” kata seorang nasabah yang enggan disebutkan namanya.

Lanjutnya, bahkan pengurusannya makan waktu berhari-hari, khususnya bagi para nasabah kalangan bawah, yang ingin membuka buku tabungan, maupun menyetor (menabung) dengan jumlah kecil, nasabah kelas seperti ini sering mengalaminya.

“Beda kalau nasabah kelas atas, seperti nasabah yang melakukan penarikan atau penyetoran (nabung) dengan jumlah besar, nasabah ini cepat dilayani meski datang terlambat dan tanpa antrian,” kata IKS SY dengan nada yang agak kesal.

“Kurang paham, apa mungkin ada nasabah khusus, enaknya itu,” masih dengan nada yang sama.

Terkadang tampak petugas pelayanan hanya satu orang saja yang melayani, padahal kata IKS SY, meja pelayanan yang ada dalam ruang itu terdapat tiga meja pelayanan nasabah, hal ini yang menjadi sala satu penyebab buruk dan lambatnya pelayanan.

Di tempat yang sama IKS, salah satu nasabah yang enggan disebutkan namanya, bercerita jika ada pula nasabah yang terlihat cepat dilayani dan tanpa melalui antri bahkan datang belakangan.

“Kalo saya liat, jika nasabah kalangan atas yang datang melakukan penarikan atau nabung dengan jumlah besar, itu biasa cepat sekali dilayani, padahal baru datang,” pungkasnya.

“Pernah saya mau buka rekening di BRI ini untuk menabung, tapi tidak jadi langsung pulang, padahal sudah ikut antri di dalam, saya pulang karena ada orang yang baru masuk langsung dilayani, jadi saya pikir tidak cocok ini,” ungkap AR di tempat yang sama.

Menanggapi hal itu, Kepala BRI Cabang Topoyo Syarif, mengungkapkan bahwa tidak benar jika pelayanan di BRI terhadap nasabahnya tidak baik.

“Pelayanannya sudah cukup baik, itu hanya pandangan nasabah yang hanya melihat kondisi dan proses pelayanan dalam antrian secara terbatas,” kata Syarif.

“Mereka tidak mengerti dan paham jikalau ada nasabah lain yang telah lebih dulu masuk tercatat dalam pembukuan pelayanan,itu yang mereka tidak ketahui. Sehingga mereka berpendapat seperti itu pak,” terang Syarif saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis 20 Mei 2021 siang tadi.

“Adapun nasabah yang memang cepat dilayani pak, namanya nasabah khusus, memang nasabah ini tidak melalui antrian pak, seperti jika ada nasabah yang melakukan penarikan atau penyetoran dengan jumlah besar, ini tidak lewat antrian, Namanya nasabah khusus pak ini,” jelas Syarif.

“Sebenarnya kalo nasabah juga tidak ingin antri lama lanjutnya, mereka juga bisa melalui aplikasi secara online yang telah disediakan, baik melakukan pencairan, transfer, maupun pembukaan buku tabungan, nanti bukunya tinggal dicetak di kantor pak,” tutup Syarif.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR