Foto Net

TRANSTIPO.com, Topoyo – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar), menetapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dimulai pada Senin 22 Juni 2020 mendatang.

Pelaksanaan ujian PAT secara daring itu, akan diikuti sebanyak 27 Sekolah Dasar (SD) se – Kecamatan Topoyo, dengan serentak.

Sementara, untuk sekolah-sekolah yang berada di kecamatan lain juga akan dilakukan, namun, memiliki jadwal yang berbeda menyesuaikan kondisi daerah masing-masing.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Kurikulum dan Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Mateng, Heriansyah, saat dijumpai di ruang kerjanya, Jumat 19 Juni 2020.

Menurut Heriansyah, dari hasil koordinasi dengan sejumlah pihak sekolah di Kabupaten Mateng, pelaksanaan PAT tidak mesti dilaksanakan berdasarkan kalender pendidikan, atau harus mengacu pada surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang PAT, UKK dan PAS.

“Tapi akan disesuaikan dengan kondisi dan situasi di daerah masing-masing,” katanya.

Ia menjelaskan, jika di daerah yang aman dari penyebaran Covid-19, maka boleh saja mengacu pada surat edaran Kemendikbud.

“Pihak sekolah lebih paham tentang daerahnya sendiri, jadi bisa dikondisikan,” jelasnya.

Kata Heri, untuk di Kecamatan Topoyo, semua sekolah akan melaksanakan PAT secara serentak pada 22 Juni mendatang. Sementara, beberapa sekolah yang ada di kecamatan lainnya akan mengikuti kalender pendidikan.

“Saya rasa sah-sah saja, yang jelas pihak sekolah akan menyesuaikan kondisi daerahnya masing-masing,” tandasnya.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR