Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamasa, Amos Pampabone. (Foto: Istimewa)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulabr), kembali merilis jumlah orang yang terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Mamasa.

Hingga Sabtu 4 Juli 2020, tercatat sebanyak dua orang warga Kabupaten Mamasa kembali dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Kini menjadi tiga orang.

Sebelumnya, Kabupaten Mamasa hanya mencatat sebanyak satu orang pasien, yakni laki-laki MU (39), disebut sebagai pasien 01.

Kini Kabupaten Mamasa, kembali bertambah dua orang pasien positif Covid-19, masing-masing AP (19), dan HE (19) selanjutnya disebut pasien 02 dan 03

Kasus 02 Laki-laki AP merupakan warga Kecamatan Tabang, Kabupaten Mamasa, pada tanggal 23 Juni 2020 lalu, ia melakukan perjalanan dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggunakan sepeda motor.

Pada Tanggal 24 Juni 2020, AP dilakukan rapid tes di Perbatasan Polman-Mamasa dengan hasil reaktif. Sehingga dilakukan karantina oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) di Puskesmas Mamasa.

Terhadap pasien, pada 30 Juni 2020 dilakukan swab pertama dan hasilnya negatif. Swab kedua di lakukan kembali pada tanggal 3 juli 2020 dan hasilnya positif.

Saat ini, pasien berada di Rumah Karantina Puskesmas  Mamasa, rencananya akan dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata.

Kasus 03 Laki-laki He, berasal dari Kecamatan Tandukkalua, Kabupaten Mamasa, pasien adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Makassar.

Pada 1 Juli 2020, yang bersangkutan melakukan perjalanan dari kota Makassar ke Mamasa, tanggl 2 Juli 2020, HE tiba di perbatasan Polman-Mamasa. Namun karena rapi tes habis, sehingga yang bersangkutan dilakukan rapid tes di Puskesmas Mamasa. Hasilnya reaktif.

Yang bersangkutan kemudian dilakukan karantina di Puskesmas Mamasa, oleh TRC Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamasa. Pada 3 Juli 2020 dilakukan Swab pertama dan hasilnya Positif. Saat ini pasien berada di Rumah Karantina Puskesmas  Mamasa.

Kedua pasien tersebut rencananya akan dibawa ke RSUD Kondosapata, untuk dilakukan penanganan selanjutnya pada Sabtu 4 Juli 2020, malam nanti.

Hal itu, dibenarkan oleh Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamasa, Amos Pampabone, ketika dikonfirmasi pada Sabtu 4 Juli 2020, petang tadi.

“Iya hari ini terkonformasi ada dua penambahan pasien di Kabupaten Mamasa, selanjutnya akan dilakukan penanganan lebih lanjut di RSUD Kondosapata,” ujar Amos.

Sementara kata Amos, untuk pasien 01 MU, dalam waktu dekat akan dilakukan rujukan ke Rumah Sakit (RS) darurat Covid-19 di Makassar.

“Berdasarkan permintaan keluarga dan pimpinan yang bersangkutan, dua hari kedepan akan dilakukan rujukan ke Makassar,” tandasnya.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR