Presiden RI Joko Widodo bersama Meko PMK Puan Maharani dan Mendikbud RI sedang mengunjungi stand pameran Ariezenjaya. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Seorang guru asal Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Drs. Ariezenjaya mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada kegiatan Rembuk Nasional dan Pameran Inovasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dilaksanakan di Jakarta, 5-8 Februari 2018.

Apresiasi itu datang atas hasil temuan Drs. Ariezenjaya yang ditampilkan berupa alat ukur perbedaan energi serap benda berwarna (Instrumen Termodinamika Ariezesanjaya) dengan persamaan rumus E=AZ^2 yang dapat digunakan sebagai alat praktek fisika pada sekolah tingkat SMP/SMK/SMA dan sekolah tinggi.

Menurut Ariezenjaya, karya instrumen termodinamika miliknya diapresiasi oleh Presiden karena dinilai menginspirasi anak bangsa terlebih membanggakan Bangsa Indonesia jika diekspor ke luar negeri.

“Rumus yang saya temukan ini diberi nama rumus ‘Termodinamika Ariezenjaya’, dan jika dalam pengembanganya nanti, gedung-gedung bertingkat itu tidak lagi dicat dengan menggunakan air namun cukup disinari dengan energi saja, gedung itu sudah tercat dalam hitungan detik,” ungkap Ariezenjaya kepada transtipo.com melalui sambungan telepon genggamnya, Rabu, 7 Februari 2017.

Selain itu, menurut Ariezenjaya, pengembangan teori tersebut dapat menghasilkan sejumlah teori turunannya. Banyak hal dapat dihasilkan jika dikemas dalam bentuk industri teknologi seperti, alat pemadam kebakaran hutan, alat jemur otomatis, alat tes pengguna narkoba, turbin ulir dan lain sebagainya.

Ariezenjaya sedang menjelaskan hasil temuannya kepada Wakil Presiden RI, H. Jusuf Kalla. (Foto:Ist)

Lanjut ia megatakan, hanya 4 guru di Indonesia yang lolos seleksi Staf Ahli Kemendikbud, lewat karya-karya fundamentalnya, dan dia salah satunya yang diberi kesempatan menampilkan hasil karyanya pada kegiatan Rembuk Nasional dan Pameran Inovasi Guru Kemendikbud yang dihadiri Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Kelebihan temuan ini, sudah punya hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM, dan sudah dipublikasikan di berbagai seminar di perguruan tinggi,” katanya.

Ia berharap, penemuannya itu dapat digunakan oleh Pemerintah Sulawesi Barat nantinya melalui anggaran APBD.

Sekedar diketahui, Drs. Ariezenjaya saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sumarorong, Kabupaten Mamasa, sekaligus sebagai guru mata pelajaran fisika.

FRENDY CHRISTIAN

7 KOMENTAR

  1. …salut pada media TRANSTIPO yang tampil dengan komidmennya memuat berita yang terus mengedukasi masyarakat. Smoga smakin sukses, amin…

  2. …makasih Mewaty yang telah mengapresiasi alat laboratorium fisika yang sempat digagas dan diapresiasi oleh petinggi negeri….

  3. Bapak Presiden RI dan Bapak Wakil Presiden RI yang didampingi oleh Menteri Pendidikan serta Ibu Menteri Koordinator Pengembangan sdm telah menyaksikan alat laboratorium fisika Instrumen Termodynamika Arizenjaya…makasih Mewaty yang telah mengapresiasi alat laboratorium fisika yang sempat digagas dan diapresiasi oleh petinggi negeri….

  4. …terimakasih Dek Bapak Frendy Christian, dari Transtipo!, sudah memuat berita yang menginspirasi. Teruslag berkarya dalam mengedukasi/mendidik melalui berita yang inspiratif, semoga semakin sukses, amin….

TINGGALKAN KOMENTAR