Pengurus Karang Taruna Kecamatan Mambi, resmi dilantik. (Foto: Fadly)

TRANSTIPO.com, Mambi – Pengurus Karang Taruna Lantang Kada Nene, Kecamatan Mambi, masa bakti 2020-2025 resmi dilantik oleh Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi.

Pelantikan berlangsung di Gedung Pelayanan PAUD Desa Sendana, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis 16 Juli 2020.

Karang Taruna merupakan salah satau organisasi sosial kemasyarakatan, sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial, dari oleh dan untuk masyarakat.

Pembetukan organisasi Karang Taruna itu, mendapat apresiasi positif dari Bupati H. Ramlan Badawi. Ia mengatakan, organisasi Karang Taruna penting untuk ditumbun kembangkan di desa, kelurahan dan kecamatan, terutama bergerak di bidang kesejahteraan masyarakat.

“Ini kali pertama saya melakukan pelantikan Karang Taruna di tahun ini,” kata Ramlan Badawi, dalam sambutannya.

Ia berharap, pengurus Karang Taruna yang telah dibentuk agar benar-benar menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara pemberdayaan masyarakat, terutama generasi muda dilingkunggannya secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan.

“Bila perlu segera mendaftarkan organisasinya di Kesbangpol supaya kita juga bisa bantu melalui APBD,” katanya.

Ramlan mengatakan, dalam dalam menjalankan roda organisasi sangat diperlukan adanya perencanaan, kapabilitas ataupun Sumberdaya Manusia (SDM) dan juga jaringan atau koneksi.

“Jangan sampai banyak program kerja tapi pelaksanaan tidak ada,” katanya.

Kata Ramlan, koneksi atau jaringan perlu menjadi perhatian para pengurus Karang Taruna, karena tidak ada seseorang hebat yang dapat bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain. Sehingga ia berharap, agar para pengurus Karang Taruna dapat bersinergi dengan pemerintah setempat.

Kepada Camat dan para Kepala Desa, Bupati Ramlan meminta agar benar-benar mendukung adanya organisasi tersebut, bukan saja bantuan berupa materi tapi nasehat yang sangat diperlukan.

“Apalagi Karang Taruna melekat Lantang Kada Nene, untuk itu mari kita sama-sama mendukung,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Mambi Lukman pun mengapresiasi terbentuknya organisasi Karang Taruna yang telah dilantik langsung oleh Bupati Mamasa.

Ia berharap, kedepan Karang Taruna Kecamatan Mambi dapat berkreasi dengan baik, dan dapat menjalankan tugas dan fungsinya di masyarakat.

“Terimakasih kepada Bupati yang berkenan hadir melantik pengurus Karang Taruna Kecamatan Mambi, meskipun memiliki jadwal yang begitu padat,” pungkasnya.

FADLY/WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR