TRANSTIPO.com, Mamasa – Selain upacara bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2017, masih ada beragama cara yang dilakukan oleh warga bangsa untuk memeringati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI kali ini.

Di Mamasa misalnya, sejumlah pemuda melaksanakan renungan sebagai cara mereka merefleksi kebangsaan dan ke-Indonesia-annya. Renungan ini dilaksanakan di pelataran aula PKK Kabupaten Mamasa, Rabu malam ,16 Agustus 2017.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk merenungkan bagaimana perjuangan para pahlawan atau para pendahulu kita yang telah berkorban memperjuangkan kemerdekan bangsa ini,” kata Johonson, salah satu peserta renungan malam itu.

Selain menggelar renungan, juga menyanyikan lagu-lagu nasional dan pelepasan sejumlah lampion ke udara.

Para pemuda Mamasa yang ikut dalam renungan Agustusan. (Foto: Frendi Christian)

Menurut salah seorang panitia, Eko Surio, kegiatan ini sejatinya mengajak seluruh masyarakat khususnya kaum muda untuk mengingat kembali perjuangan dan pengorbanan para leluhur atau pahlawan-pahlawan bangsa demi meraih Kemerdekaan RI.

“Merefleksinya adalah, mengingat kembali jasa para pejuang dan kita pertahankan kemerdekaan ini. Pemuda juga harus mengisi kemerdekaan, mulai dari sekarang lebih-lebih yang akan dating. Kita juga himbau agar pemuda lebih responsif sebagai agen kontrol sosial, atau penyeimbang dalam mengupayakan kesejahteran rakyat,” jelas Eko.

FRENDI CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR