Museum Kopi Mamasa 2024

662
Pertemuan Pj Bupati Mamasa Yakub F. Solon (kanan) dan utusan Dekopi Sulbar bahas pembangunan Museum Kopi di Mamasa 2024. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Penjabat (Pj) Bupati Mamasa, Dr Yakub F Solon dan Pengurus Dewan Kopi (Dekopi) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Yakub Tato’ meninjau lokasi pembangunan Museum Kopi di Kota Mamasa, Selasa, 28 November 2023.

Kepada media di Mamasa, Selasa, Yukub Tato’ mengatakan pertemuan antara pihak Dekopi Sulbar dan Pj Bupati Mamasa membicarakan rencana  pembangunan Museum Kopi di Mamasa.

Menurut Yakub Tato’, bangunan Museum Kopi itu dalam perencanaannya akan tiga lantai. Lantai satu ruang mengenai Sejarah Kopi Dunia, lantai dua tentang Sejarah Kopi Indonesia, dan lantai tiga tentang Sejarah Kopi Mamasa. Bentuk bangunan museum menyerupai rumah adat Mamasa, dan di areanya ada Cafe untuk tempat bersantai.

“Ini akan menambah ikon Kabupaten Mamasa apalagi terletak di tengah kota sehingga setiap ada tamu yang berkunjung dapat melihat Kabupaten Mamasa sebagai daerah penghasil kopi, juga sekaligus akan memperoleh informasi tentang Kopi Mamasa,” ujar Yakub Tato’ kepada media.

Menurutnya, sumber anggaran bangunan museum itu berasal dari APBN, dan sesuai perencanaan akan dibangun di 2024.

Yakub Tato’ menjelaskan, pihak Pemkab Mamasa sangat merespon, bahkan Pj Bupati Mamasa menyatakan, hal tersebut memang perlu sebab sejak dulu orang Mamasa dominan lahir dari hasil buah kopi, besar karena buah kopi, menikah karena kopi bahkan meninggal juga pakai hasil kopi.

Selain itu, kata Yakub Tato’, pertemuan dengan Pj Bupati juga membahas sertifikasi indeks geografis kopi Mamasa yang telah terdaftar di Kemenkumham, namun masih kendala tentang batas-batas wilayah Kabupaten Mamasa.

NISAN – SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini