Giat massahur oleh remaja Masjid di Desa Rantebulahan, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa. (Foto: Muh. Aslan)

TRANSTIPO.com, Mambi – Setiap bulan Ramadan tiba, beragam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Muslim di kampung-kampung, salah satunya dengan cara merondai waktu sebelum makan sahur tiba.

Sebelum waktu sahur, umumnya pada pukul 03.00 WITA dinihari, para remaja Masjid bergerombol lalu berkeliling dan menyusuri jalan untuk membangunkan warga yang sedang tertidur.

Giat massahur oleh para remaja ini terbilang efektif. Tak sedikit orang terjaga dari tidurnya untuk kemudian berkesiap jelang makan Sahur untuk Puasa Ramadan.

Seperti ini pulalah remaja Masjid di Desa Rantebulahan, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa. Remaja Masjid di kampung ini membangunkan warga sebelum waktu sahur dengan cara membunyikan alat musik sambil bernyanyi.

Anak remaja ini juga sadar, di masa pandemi ini, mereka juga taat dalam mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya, tetap pakai masker saat massahur.

Sahur kali ini sedikit berbeda, sebelum pandemi melanda dunia, setiap kali kita keliling untuk membangunkan masyarakat setempat, semua rumah yang mempunyai anak-anak yang masih kecil akan bangun untuk sahur.

Anak-anak tersebut ikut bahagia melihat kegiatan seperti ini. Tapi sekarang sudah berubah, apakah karena pengaruh zaman yang semakin modern atau anak-anak yang tertidur pulas.

Entahlah.

MUH. ASLAN

TINGGALKAN KOMENTAR