Pasangan Ramlan Badawi dan Martinus Tiranda mengikuti debat publik Pilkada, Mamasa, Rabu, 18 April 2018. (Foto: Frendy)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Meskipun hanya diikuti satu pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Mamasa 2018, pihak KPU tetap melakukan debat publik.

Kemarin, Rabu, 18 April 2018, debat publik terhadap pasangan calon Ramlan Badawi–Maritus Tiranda yang diselenggarakan di Aula GTM Mamasa dengan menghadirkan tiga orang akademisi sebagai panelis, yakni DR. Ruslan Ramli, S.Sos, M.Si, Prof. DR. Abd. Rahman, SH, MH, dan DR. Paulus Uppun, SE, MA.

Mekanisme debat publik calon tunggal tak seperti pada umumnya jika terdapat dua pasangan calon atau lebih yang biasanya terjadi debat kusir di antara lawan paslon.

Tetapi debat publik calon tunggal untuk Pilkada Mamasa ini, paslon ‘Harmonis’ dicecar sejumlah pertanyaan dari tiga panelis yang dihadirkan oleh KPU, termasuk menanggapi sejumlah visi dan misi calon serta program prioritas kelak mereka terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Mamasa periode 2018-2023.

Foto bersama paslon ‘Harmonis’, Komisioner KPU Mamasa dan Panelis debat publik (Foto: Frendy)

Ketua KPU Mamasa Suriani T. Dellumaja mengatakan, debat publik untuk calon tunggal berdasarkan PKPU Nomor 14 yang diubah dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2018.

Selain itu ia berharap melalui debat publik, masyarakat bisa menilai calon pemimpin Mamasa ke depan agar bisa menentukan pilihannya saat pencoblosan nanti, apakah setuju atau tidak setuju dengan visi dan misi paslon yang ada.

Sementara, salah satu panelis, Prof. DR. Abd. Rahman, SH, MH menuturkan, debat publik yang dilaksanakan KPU Mamasa sangat mendidik masyarakat. Masyarakat bisa mengetahui kemampuan dan visi dan misi yang ditawarkan oleh pasangan calon.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR