Bupati Mamasa Ramlan Badawi bersama Ketua DPRD Mamasa Orsan Sulaeman di Gedung DPRD Mamasa pada Rabu malam, 27 November 2019. (Foto: Wahyu)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamasa menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian akhir fraksi terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2020.

Rapat paripurna pengambilan keputusan DPRD atas RAPBD tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Mamasa David Bamba Layuk, didamping Ketua DPRD Mamasa Orsan Sulaeman, dan Wakil Ketua II Juan Gayang Pontiku.

Hadir pula Bupati Mamasa Ramlan Badawi, Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda, Sekretaris Daerah Kabupaten Mamasa Ardiansyah, Wakapolres Mamasa Kompol Abidin Rasyid, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Mamasa.

Delapan Fraksi DPRD Mamasa menyetujui dan menerima RAPBD tahun anggaran 2020 menjadi Peraturan Daerah (Perda) meski disertai dengan sejumlah catatan. Rapat paripurna ini digelar di ruang sidang gedung DPRD Kabupaten Mamasa, Rabu, 27 November 2019, malam tadi.

Bupati Mamasa Ramlan Badawi menyampaikan, dalam penyusunan RAPBD tahun anggaran 2020, Pemerintah Kabupaten Mamasa dihadapkan pada beberapa persoalan. Diantaranya, adanya pergantian anggota DPRD hasil pemilihan legislatif 2019, dan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengganti PP 58 tahun 2006, tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Hal ini membuat tahapan penyusunan APBD tahun 2020 perlu dilakukan penyesuaian.

Meski dalam pembahasan kadang terjadi diskusi yang panjang dan perdebatan, namun itu hanya proses untuk menyatukan persepsi agar penyusunan APBD dapat sejalan dengan kaidah penyusunan APBN.

“Pproses pembahasan RAPBD tahun ini tetap berjalan dengan baik,” terang Ramlan Badawi.

Dikatakan, dengan adanya beberapa koreksi dari anggota dewan, kiranya dapat menjadi acuan bagi pemerintah dalam meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik dari yang sebelumnya.

“Kita berharap penggunaan anggaran tahun 2020 dapat berguna bagi masyarakat secara umum dalam hal kesejahteraan dan peningkatan pembangunan terkhusus infrastruktur jalan,” pungkasnya.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR