Kunjungan Tim Puslitbang Polri, di Polres Mamasa, Polda Sulbar. (Foto: Istimewa)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Kedatangan Tim Puslitbang Polri dalam rangka melaksanakan penelitian tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri di wilayah hukum Polda Sulawesi Barat (Sulbar) dan sejumlah Polres jajarannya.

Kegiatan penelitian ini dipimpin Ketua Tim Peneliti Kombes Pol. Syahrial M, Said, Konsultan Prof, Dr. Dwi Purwoko, Pembina Dwi Irawati, dan Iptu Reo Anggar Prabowo.

Tujuan penelitian dilaksanakan Tim Puslitbang Polri, untuk memantau tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lima fungsi layanan kepolisian, diantaranya, fungsi Lalulintas, Reserse, Intelkam, Binmas dan sabhara.

Dalam penelitian itu, menggunakan enam indikator pengungkit layanan yaitu, Bukti langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Asurance) dan Kesesuaian (Conformance, dan indikator Reward, terkait kesejahteraan anggota Polri berupa kenaikan gaji dan peningkatan sarpras.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pada umumnya. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan Kapolres setempat serta para Kabag dan Kasat.

“Kedatangan Tim Puslitbang Polri ini menjadi bahan evaluasi bagi jajaran Polres Mamasa,” kata Kapolres Mamasa AKBP Arianto, Kamis 30 Januari 2020, siang tadi.

Sasaran penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polda Sulbar, sebagai sampel penelitian masyarakat di wilayah hukum Polresta Mamuju, Polres Majene, Polres Polman dan Polres Mamasa.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR