Satlantas Polres Mamasa, menghadiahkan Gerobak untuk janda penjual makanan keliling. (Foto : Istimewa)

TRANSTIPO.COM, Mamasa – Seorang perempuan bernama Rasa Matelda Lemba (57), penjual makanan keliling di Desa Bombong Lambe, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Kini bisa bernafas legah usai dihadiahi gerobak jualan dari Satlantas Polres Mamasa, Senin (21/9).

Sebelumnya, Perempuan yang akrab disapa Mama Warda itu, berjualan makanan keliling menggunakan gerobak lori dengan kondisi seadanya. Hal itu dilakoninya sejak beberapa tahun terakhir. Hampir setiap hari ia berkeliling mendorong gerobak untuk menjajakan makanan hasil buatannya.

Sejak suaminya meninggal dunia, Matelda menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Ia harus menempuh puluhan kilometer setiap harinya dengan berjualan makanan untuk menghidupi keluarganya.

Bersamaan dengan momen peringatan HUT ke-65 Satlantas Polri, Polres Mamasa berinisiatif menghadiahi gerobak baru untuk Matelda yang sudah didesain khusus untuk berjualan. Pemberian gerobak baru itu dilakukan dalam bentuk kejutan di depan Kantor Samsat Kabupaten Mamasa tanpa sepengetahuan Matelda sebelumnya.

Kasatlantas Polres Mamasa, AKP Ferrix Shandy Anggara, mengatakan pemberian bantuan gerobak tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari. Hanya saja, pihaknya tidak pernah memberitahukan ke Matelda perihal tersebut.

“Jauh sebelumnya, kita sudah melihat Matelda yang berjualan menggunakan gerobak bangunan. Kita panggil dan kita tanya-tanya, ternyata ia merupakan tulang punggung keluarganya setelah suaminya meninggal. Ia mengaku sudah empat tahun berjualan dengan menggunakan lori,” ujar Ferrix.

Dari situ, pihaknya pun menyiapkan kejutan untuk Matelda. Tanpa pemberitahuan, mereka memutuskan membuat gerobak khusus jualan bagi Matelda.

“Sebelumnya, Matelda tak diberitahu akan diberikan gerobak baru. Ia hanya dipanggil ke halaman kantor Samsat Mamasa, dan setelah tiba baru diperlihatkan gerobak yang dihadiahkan untuknya,” tutur Ferrix.

Matelda yang tak menyangka akan menerima gerobak untuk jualan itu pun tidak bisa menyembunyikan rasa harunya.

“Saya sangat bersyukur karena mendapat bantuan (gerobak) ini dan saya tidak pernah menyangka akan mendapatkannya. Dengan gerobak baru ini akan menambah semangat saya berjualan,” ujarnya.

SUGIARTO

TINGGALKAN KOMENTAR