Gubernur Sulawesi Barat, H. Andi Ali Baal Masdar. (Foto: Rajab L6)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Gubernur SulawesiBarat (Sulbar) H. Andi Ali Baal Masdar, menyampaikan agar masyarakat dapat menerima apa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sekaitan dengan penanganan Covid – 19.

Hal itu, ditegaskan Gubernur Ali Baal Masdar, saat menggelar Video Conference (Vidcom) tertutup dengan sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mamasa, Senin 20 April 2020, kemarin.

Dikatakan Ali Baal Masdar, untuk Kabupaten Mamasa, hanya akan dilakukan pembatasan pergerakan bagi pelintas yangkeluar masuk daerah. Kata dia, itu karena hingga saat ini wilayah Kabupaten Mamasa, masih dalam zona hijau.

Meski begitu kata Ali Baal Masdar, tetap akan dilakukan pembatasan pergerakan bagi masyarakat, untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

Mengenai pertegasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hanya akan dilakukan bagi daerah – daerah yang masuk dalam zona merah Covid – 19.

Sementara itu, untuk usulan pemberlakuan PSBB, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan menunggu permintaan dari masing – masing kabupaten, yang kemudian dilanjutkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Selain itu, Gubernur Ali Baal Masdar mengatakan, dalam waktu dekat akan mendistribusikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat sebanyak 200 paket per kelurahan.

Selanjutnya kata Ali Baal Masdar, bagi desa – desa juga diinstruksikan, untuk menggunakan dana desa sebesar 30% dalam penanganan Covid – 19, di masing – masing desa. Kata dia, hal ini akan berlaku di seluruh desa se – Provinsi Sulawesi Barat.

Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi Sulbar juga akan menyalurkan bantuan ke seluruh kabupaten, namun, secara bertahap. Sementara, untuk Alat Pelindung Diri (APD) akan disalurkan sesuai kebutuhan masing – masing Kabupaten.

Gubernur Ali Baal Masdar menambahkan, mengenai pasien Covid – 19 yang meninggal dunia, jika meninggal di wilayah kabupaten, maka dikebumikan di kabupaten itu sendiri.

“Apabila meninggalnya di provinsi maka akan di makamkan di provinsi juga,” kata Ali Baal Masdar, saat menggelar Vidcom, bersama Forkopimda kemarin.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR