Ketua KPU Mamasa Suriani T. Dellumaja (kiri) sedang beri sambutan dalam kegiatan Sosialisasi PKPU Nomor 1 Tahun 2017 di Mamasa, Kamis, 22 September 2017. (Foto: Frendi Christian)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak terlepas dari tanggungjawab dan kerjasama semua pihak.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa Suriani Dellumaja saat sosialisasi tahapan Pilkada Kabupaten Mamasa yang digelar di Aula Mini Kota Mamasa, Jumat, 22 September 2017.

Suriani mengungkapkan, keberhasilan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulbar yang lalu karena upaya dan tanggungjawab bersama. Sehingga keterpaduan dari semua pihak dalam mengawal Pilkada sangat dibutuhkan.

Lanjutnya, sosialisasi PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota perlu dilakukan agar terbangun kesepahaman dalam proses Pilkada yang akan dilaksanakan.

Komisioner KPU Mamasa ini menerangkan, ada 171 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak dan berlangsung tepat pada 27 Juni 2018.

“Apalagi tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 juga telah dimulai pada Oktober 2018. Sehingga dihimbau semua partai politik untuk bergabung dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), karena dari sanalah dilakukan verifikasi faktual tiap partai,” jelas Suriani.

Sementara Asisten SDM Sekretariat Daerah (Setda) Mamasa Dorkas, yang mewakili Bupati Mamasa menjelaskan, tercapainya suatu program jika proses perencanaan berlangsung baik.

Hal itu juga perlu ditunjang dari berbagai aspek yakni, kerjasama semua stakeholder sebab Pilkada menyangkut masa depan Kabupaten Mamasa ke depan.

“Seperti yang sering ditekankan Bupati Mamasa Ramlan Badawi, bahwa mari menjaga dan menyukseskan Pilkada damai, penting menjadi perhatian bersama,” kata Dorkas.

FRENDI CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR