Kantor Kemenag Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. (Foto: Sarman Sahuding)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Sejak 16 Februari 2021 Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mamasa diliburkan setelah salah seorang stafnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mamasa Imran Kaldjubi Kesa mengatakan, bendahara kantor kami positif terkena Covid-19.

“Berdahara di kantor kami memang positif Covid-19, namanya ibu Berlin. Makanya itu libur sampai tanggal 26 Februari,” kata Imran Kaldjubi yang dikonfirmasi pada Rabu, 24 Februari 2021, sekitar pukul 13.15 WITA.

Ia menjelaskan, Ibu Berlin kena covid, dari suaminya. “Suaminya yang duluan positif. Setelah diswab, ibu Berlin juga dinyatakan postif Covid-19.”

Berdasarkan protokol kesehatan (prokes) yang telah ditetapkan pemerintah, kantor pemerintah atau layanan publik, ketika ada ada di antara mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka kantor tersebut perlu diliburkan (work from home) agar menghindari penularan kepada yang lainnya.

Dengan itulah maka pihak Kemenag Kabupaten Mamasa meliburkan selama dua pekan aktifitas di kantor itu.

Melalui sambungan telepon, Imran mengatakan, “InsyaAllah pada tanggal 26 Februari kami sudah masuk kantor lagi.”

Pada Rabu petang tadi, sekitar pukul 16.30 WITA, transtipo menyambangi kantor Kemenag Mamasa. Kantor ini berada di perbukitan, tak terlampau jauh dari pusat kota Mamasa.

Kantor ini berada di Jl Poros Pallu – Limbong Lopi, Kecamatan Tawalian, Kabupaten Mamasa.

Kantor Kemenag Mamasa memang tampak sepi. Pintunya masih terbuka. Dari dalam ruangan terdengar suara sejumlah orang.

Di halaman depan kantor yang lapang, sebuah bangunan kecil tampak baru: pos jaga. Di pos jaga ini duduk seorang lelaki pendek yang tambun.

Pos Jaga Kantor Kemenag Kabupaten Mamasa. (Foto: Sarman Sahuding)

Nama lelaki ini Irfan Majid (47 tahun). Ia berasal dari Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa.

“Saya honor di sini dinda. Saya masuk di sini atas rekomendasi kepala kantor,” kata Irfan Majid sembari mengarahkan telunjuknya ke ruang kerja kepala kantor.

Irfan bilang, SK honor diperpanjang setiap tahun. “Kami dua orang jaga di pos tapi teman saya lagi ke rumahnya, dekat dari sini. Setiap dua hari saya ke kampung. Kami gantian jaga.”

Saat ditanyakan mengenai keadaan libur kantor, Irfan malah bilang, “Tidak libur, hanya dibatasi. Pelayanan tetap jalan. Anda lihat sendiri, pintu kantor malah masih buka.”

Irfan menyilahkan ke laman ini jika hendak bertemu dengan kepala seksi di kantor itu yang masih berada di kantor, hingga petang.

“Kalau mauki masuk, ada pak kasi di dalam,” pinta Irfan.

Ia akui bahwa sejak 16 Februari, atau sejak bendahara Berlin positif Covid-19, aktifitas pelayanan kantor terbatas. “Tapi jalan terusji bos. Ini buku tamu setiap hari kantor terisi.”

Irfan Majid menunjukkan buku tamu dimaksud yang di dalamnya terisi daftar nama-nama pengunjung atau tamu kantor.

Di buku tamu itu, sejak tanggal 16 Februari — waktu ditetapkan libur kantor — hingga Rabu, 24 Februari, ada 29 nama dengan status tamu Kemenag Mamasa.

Benar kata Irfan, pelayanan kepada warga di Kabupaten Mamasa jalan terus.

Terpisah, dikonfirmasi pada Rabu siang, 24 Februari, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamasa dr. Hajay S. Tanga menerangkan data terkait jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaupaten Mamasa.

Data yang dikirimkan update tanggal 23 Februari 2021, sebanyak 153 orang yang positif Covid-19 di Kabupaten Mamasa: 106 orang yang telah dinyatakan sembuh, dan 5 orang meninggal dunia.

Masih keterangan Kepala Dinkes Mamasa itu, saat ini ada 5 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Rinciannya: 2 pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) Sayang Rakyat, Makassar, 2 orang dirawat di RS Awal Bross, Makassar, dan 1 orang pasien dirawat di RSUD Polewali Mandar (Polman).

Terkait salah seorang pegawai di kantor Kemenag Mamasa yang oleh Imran menyebut sedang dalam perawatan di RS Awal Bross, dr. Hajay tak menjelaskan perihal pasien Covid-19 ini.

SARMAN SAHUDING

TINGGALKAN KOMENTAR