Salah satu rumah warga yang berada di Dusun Ponding, Desa Buntubuda, Mamasa, digenangi air, Rabu dini hari, 15 November 2017. (Foto: Frendy Christian)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Akibat hujan deras yang turun sejak beberapa pekan terakhir mengakibatkan puluhan rumah yang berada di Dusun Ponding, Desa Buntubuda, Kabupaten Mamasa terendam banjir pada Selasa malam, 14 November 2017, dini hari.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam musibah ini. Namun, banjir yang terjadi akibat meluapnya irigasi yang berada di samping pemukiman penduduk sehingga menyebabkan puluhan rumah warga terendam.

Tak hanya merendam permukiman warga, banjir juga sempat menggenangi jalan raya sehingga nyaris tak bisa dilalui.

“Banjir terjadi sekirar pukul 11:00 wita malam dini hari. Penyebabnya, akibat longsoran menutupi saluran irigasi sehingga air dengan begitu cepat meluap ke rumah–rumah penduduk,” kata Albert, salah seorang warga yang ditemui di lokasi kejadian.

Sementara penduduk lainya, Beni, mengugkapkan, saat baru pertama terjadi, ketinggian air diperkirakan berkisar antara tiga puluh sampai empat puluh sentimeter atau sedikit mencapai lutut orang dewasa.

Meski tidak ada korban jiwa maupun korban luka, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Perkiraan dari hitung-hitung kasarnya, sejumlah barang-barang elektorik milik warga mengalami kerusakan akibat terendam air tersebut.

Dari pantauan transtipo.com pada pukul 01:30 malam dini hari, Rabu, 15 November 2017, banjir sudah mulai surut, dan sejumlah warga sudah mulai membersihkan rumah mereka dari sampah dan juga lumpur yang masuk ke rumah–rumah mereka.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR