Foto Net

TRANSTIPO.com, Majene – Perempuan berinisial J (15) warga Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) dinyatakan positif terjangkit Covid-19 setelah kembali dari Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, dr. Rahmat Malik, perempuan J ini merupakan salah seorang santri asal Kabupaten Majene yang dikirim ke Bogor untuk belajar agama.

Namun, kata dia, setelah dalam perjalanan kembali ke Sulawesi Barat pada Rabu, 25 Maret 2020 lalu, J terlebih dahulu mendapatkan pemeriksaan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar dan hasil pemeriksaan tersebut dinyatakan anak ini mengalami gejala panas badan.

Rahmat Malik menyebutkan, suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celsius hingga dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Universitas Hasanuddin Makassar untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, dan dilakukan pengambilan swab tenggorokan.

Dijelaskan Rahmat Malik, di RS Unhas Makassar tersebut, J sempat menjalani perawatan selama tiga hari, yakni sejak Rabu s.d. Jumat, 27 Maret 2020. Beberapa hari di rumah sakit keadaannya membaik dan keluarganya meminta untuk dipulangkan, sehingga pihak dokter di rumah sakit tersebut membolehkan pulang.

Masih, kata Rahmat, berdasarkan hasil pemeriksaan pengambilan sweb tenggorokan menunjukkan bahwa yang bersangkutan positif terjangkit Covid-19.

“Tapi nanti tiba di Majene baru keluar hasilnya di Rumah Sakit, dan betul bahwa dia positif corona,” kata Rahmat Malik saat dikonfirmasi via telpon genggamnya, Minggu, 29 Maret 2020, baru saja.

Dikatakan Rahmat, pengambilan sweb tenggorokan terhadap J telah dilakukan sebanyak satu kali, dan sudah dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Kata dia, masih akan dilakukan sebanyak dua kali.

“Prosedurnya kan harus tiga kali, yang dilakukan oleh RS yang telah ditentukan,” katanya.

Untuk saat ini, kata Rahmat, sebagai langkah kooperatif Pemkab Majene, pasien akan segera dibawa ke RS Regional Sulawesi Barat untuk menjalani perawatan.

“Kami sudah siap-siap ini untuk bawa pasien ke RS Regional di Mamuju, Sulawesi Barat. Yang pasti berdasarkan hasil pemeriksaan sweb dia dinyatakan positif terjangkit Covid-19,” pungkasnya.

Laman ini memiliki bukti berupa recording dari sumber yang dapat dipercaya.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR