Kementerian Pariwisata RI memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018 di Rusia sebagai ajang promosi kebudayaan Indonesia. (Foto: Biro Pers Setpres)

TRANSTIPO.com, Jakarta – Kementerian Pariwisata memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018 untuk semakin menggaungkan Wonderful Indonesia di mata dunia.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, olahraga sepakbola paling banyak ditonton orang di dunia, sehingga media promosi pada industri olahraga ini sangat hidup dan berkembang.

“Sepakbola memiliki kelompok pendukung yang fanatik dalam jumlah besar, hal itulah yang harus kita tangkap,” kata Menpar Arief, Senin, 25 Juni 2018.

Wonderful Indonesia mewarnai pelaksanaan World Cup 2018 di Rusia ini melalui branding di berbagai media ruang, seperti bus dan billboard di Kota Moscow dan Saint Petersburg.

Tampak ikon Candi Borobudor sebagai ‘brand’ salah satu bus yang disediakan oleh Kemenpar di Rusia selama Piala Dunia 2018. (Foto: Biro Pers Setpres)

Dua unit Open Great Bus dengan desain destinasi pariwisata Bali dan Borobudur berlogo Wonderful Indonesia dan Asian Games 2018 akan mengelilingi Kota Moscow selama 01-20 Juni 2018.

Bus ini akan menelusuri jalan-jalan utama di Moscow dan tentunya akan menjadi perhatian jutaan pasang mata yang memenuhi Rusia selama Piala Dunia 2018 berlangsung.

Kemenpar juga melakukan branding Wonderful Indonesia pada dua digital billboard di Novie Arbat (Moscow) dan Yerevan Plaza (Moscow) selama tanggal 16 Juni – 15 Juli 2018.

Selain Moscow, demikian Siaran Pers oleh Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, pada tahun ini Wonderful Indonesia juga akan mewarnai Saint Petersburg.

Perhelatan Piala Asia 2018 yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang, Indonesia, menjadi tepat hadirnya agenda promosi oleh Kemenpar di ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. (Foto: Biro Pers Setpres)

Sebanyak 21 unit bus besar dan 4 unit bus mini akan mulai berseliweran di salah satu kota terbesar di Rusia ini mulai tanggal 26 Juni 2018.

Menteri Arief menambahkan, strategi promosi sangat diperlukan dalam perhelatan sepak bola terbesar di dunia ini. Perhatian dunia pada momentum Piala Eropa dan Piala Dunia sangat tempat efektif untuk promosi.

“Ketika budget promosi kita terbatas, maka gunakan secara efektif di momentum yang tepat, terlebih ketika perhatian dunia sedang ke sana,” kata Menpar Arief.

Pada 2016 lalu, Kemenpar juga telah sukses melakukan branding Wonderful Indonesia pada event Piala Eropa atau Euro Cup 2016 di Perancis.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR